Ada 67 Desa Se-Kabupten Polman Siap Laksanakan Pilkades Serentak Pada 18 November 2021

Pilkades
Andi Nursami saat ditemui awak media dihalaman kantor Dinas PMD Polman, Rabu (14/7/2021).

Menyambut Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak se Kabupaten Polewali Mandar. Sejumlah Desa pun tengah mempersiapkan diri dengan melalukan pembentukan Panitia Pilkades melalui Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sesuai instruksi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Polman.

“Surat perintah memang sudah diturunkan di setiap Desa yang menyelenggarakan Pilkades tahun ini melalui BP. Karena tugasnya  BPD untuk membentuk panitia pemilihan pilkades,” jelas Andi Nursami. Saat ditemui awak media di halaman kantor Dinas PMD Polman, Rabu (14/7/2021).

Sementara itu, untuk waktu pelaksanaan Pilkades nantinya. Nursami mengungkapkan, akan diselenggarakan pada 18 November 2021 di 67 Desa se Kabupaten Polman.

Kepada Calon Kepala Desa, Mantan Kadis Disdikbud Polman tersebut mengatakan, sudah bisa mendaftar diri dengan memasukkan berkas sesuai syarat dan ketentuan berlaku.

Setelah dinyatakan lulus berkas, lanjutnya menjelaskan. Bagi Bakal Calon Kepala Desa kemudian diarahkan ke kantor Dinas PMD untuk mengikuti Tes Wawancara.

“Jadi pemberkasan dulu di Desa, kalau sudah lulus berkas kita bawa kesini untuk wawancara nanti,” ungkap Nursami.

Di tahap wawancara, rencananya akan dilakukan pada Agustus depan dan diuji langsung Bupati Kabupaten Polman Andi Ibrahim Masdar.

Sementara itu, salah satu Desa yang ikut dalam Pilkades serentak nantinya yakni Desa Batetangnga Kecamatan Binuang, telah melakukan pembentukan panitia di Desa Batetangnga dan akan segera melakukan Bimtek.

“Kita sudah bentuk Panitia Pilkades di Desa dan ada beberapa tahapan yang harus dilalui yaitu tanggal 1-3 Agustus validasi daftar pemilih tetap (DPT) Di Desa, tanggal 10-12 perbaikan DPT dan selanjutnya Penetapan DPT,” kata Rajab Majid Selaku Ketua BPD Desa Batetangnga.

Lenjut Rajab saat dikonfirmasi mengatakan, untuk pendaftaran bakal calon Kades di Desa Batetangnga, akan dibuka pada 4-26 Agustus 2021.(*)