Air Sungai Binuang Meluap Merendam Puluhan Rumah

Air Sungai Binuang Meluap Merendam Puluhan Rumah Warga
Air Sungai Binuang Meluap Merendam Puluhan Rumah Warga

Puluhan rumah warga di kelurahan Amassangan Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar (Polman) terendam air setinggi 1 meter. Hal itu di sebabkan meluapnya air sungai Binuang usai hujan deras mengguyur wilayah Polewali Mandar sore hari. Jumat (20/01/2023).

Berdasarkan keterangan dari salah satu warga, meluapnya air sungai datang secara tiba-tiba dan merendam sejumlah rumah warga.

“Waktu deras hujan kira-kira jam setengah lima tadi tiba-tiba datang air dari sungai,” terangnya dengan keadaan basah kuyup.

Sementara itu, Lurah Amassangan Abd Majid, menjelaskan, curah hujan yang sangat deras mengakibatkan air sungai Binuang meluap naik ke pemukiman. Tak hanya merendam puluhan rumah warga, namun juga sampai menutupi sebagian ruas jalan Trans Sulawesi.

“Hujan memang deras tadi sehingga sungai Binuang meluap. Akhirnya anak sungai ini tidak dapat menampung air. Sehingga membuang air nya ke jalan poros. Adapun rumah yang terendam banjir ada sekitar 20 rumah,” terangnya.

Meski demikian, puluhan rumah yang terdampak luapan air sungai Binuang tersebut tidak mengalami kerusakan. Namun, warga tetap di himbau untuk waspada.

“Untuk monitoring kita, kondisi warga masih bertahan dirumahnya, tapi kami tetap himbau untuk tetap waspada,” terang Majid.

Hingga berita ini diturunkan, Warga masih nampak bertahan di rumah masing-masing dan air pun berangsur surut.[*]