Air Terjun Tamasapi, Menjadi Destinasi Alam yang Baru di Kota Mamuju

Air Terjun Tamasapi
Foto: Destinasi Alam Air Terjun Tamasapi

Walaupun merupakan Ibu Kota Provinsi Sulawesi Barat, namun di Kabupaten Mamuju masih terbilang minim destinasi wisata. Hadirnya Destinasi alam Air Terjun Tamasapi menjadi hal yang baru di kota tersebut meski banyak yang belum mengetahui syurga alam itu.

Selain Pantai Manakarra, kebanyakan masyarakat yang berdiam di Kota Mamuju hanya mengetahui Pulau Karampuang dan Kali Mamuju sebagai tempat wisata keluarga.

Di pinggiran Kota, ternyata terdapat wisata yang sangat indah dengan nuansa alam yang masih asri tentunya. Air Terjun Tamasapi, merupakan tempat wisata yang berlokasi di Kelurahan Mamunyu, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju.

Air Terjun Tamasapi yang memiliki ketinggian sekitar 75 meter itu, dikelilingi tebing bebatuan yang memanjakan mata. Pengunjung akan dibuat betah untuk berlama-lama menikmati panorama alam tersebut.

Wisatawan yang hendak berkunjung kesana, jangan lupa tuk membawa uang persiapan biaya masuk ke objek wisata itu. Dengan uang Rp 5.000 per orang  kita sudah bisa menikmati sejuk dan dinginnya air terjun tersebut.

Selain Guyuran air disekitar lokasi tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Mamuju juga membangun fasilitas berbentuk lingkaran serta tempat duduk disetiap pinggiran air terjun. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan rasa nyaman para pengunjung menikmati desiran air terjun dari jarak dekat.

Ahmadi yang merupakan salah satu pengelola tempat tersebut mengatakan, air terjun ini sebenarnya sudah lama. Namun, belum banyak dikenal masyarakat.

Baru tahun ini, tempat tersebut mulai dikenal wisatawan dengan didukung Dinas Pariwisata turut andil dalam promosi dan pembangunan fasilitas di area wisata tersebut.

Lebih lanjut ia menjelaskan, rencananya di lokasi wisata itu, nantinya akan dibangun berbagai fasilitas penunjang bagi para pengunjung.

“Ada Gazebo dan rencananya juga ada kolam renang mau dibuat”. Tuturnya

Akses Menuju Air Terjun Tamasapi

Mengenai akses menuju ke lokasi wisata air terjun Tamasapi,  terbilang cukup baik. Kondisi jalan menuju ke titik lokasi dapat dilalui, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Tempatnya pun tak begitu jauh dari Kota, hanya sekitar 3 Km dari lampu merah simpang Lima Kota Mamuju.

Meski dapat diakses dengan kendaraan motor dan mobil. Namun, para pengunjung disarankan tetap berhati-hati. Sebab, dibeberapa titik menuju ke wisata tersebut masih terdapat tebing mencuram dipinggir jalan.

Selain itu, ditempat wisata tersebut juga masih minim fasilitas lahan parker untuk kendaraan.

Air terjun Tamasapi
Foto: Air Terjun Tamasapi

Pattae.com/Casper]*