Akibat Pupuk Mahal, Pertanian Alami Menjadi Alternatif Para Petani

Pertanian Alami
Pelatihan Pertanian Alami Desa Makkombong

Mengeluhkan persoalan harga pupuk mahal, petani asal Desa Indu Makkombong mencoba bertani secara alami sebagai alternatif.

Keinginan itu pun di jawab dengan mengikuti pelatihan pertanian alternatif berbasis kearifan lokal, yang di selenggarakan pemerintah Desa Indu Makkombong, Jumat 28/10/2022.

Sebanyak 25 warga Desa Indu Makkombong, mengikuti Pelatihan pertanian alami berbasis kearifan lokal.

Penyelenggaraan pelatihan pertanian alami untuk para petani, rencananya berlangsung selama 2 hari. Mulai 28 samai 29 Oktober 2022 di Dusun Makkombong Barat, Desa Indu Makkombong, Kecamatan Matakali, Kabupaten Polewali Mandar.

“Ide ini muncul waktu kita musyawarah Dusun, dan semua dusun mengeluhkan kelangkaan pupuk dan mahalnya pupuk. Setelah konsultasi dengan pendamping semua sepakat melakukan pelatihan pertanian alami” ucap Sukriati Kepala Desa Indu Makkombong.

Selain menjawab keluhan warga terkait persoalan pupuk, meningkatkan pengetahuan petani Desa Indu Makkombong juga menjadi tujuan pelaksanaan pelatihan pertanian alami  berbasis kearifan lokal.  

“Kegiatan seperti ini sebenarnya bagus, Kami sebenarnya masyarakat butuh arahan. Karena selama ini, kami memiliki pengetahuan persoalan pertanian masih bisa di katakan kurang” ucap Muhammad Darusman Selaku peserta.[*]