Akmal Ajak Guru Edukasi Siswa Menjaga dan Mencintai Alam

Pekerja Keagamaan
Pj Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik

Pejabat Gubernur Sulbar Akmal Malik, membuka rapat kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Graha Sandeq, Kompleks Rujab Gubernur, Selasa 8/11/2022.

Pada rapat tersebut, Akmal menjelaskan, bagaimana kondisi pendidikan Sulbar yang tidak bisa berdiri sendiri. Kada dia, banyak faktor pendukung yang saling berkaitan. Tidak hanya persoalan kompetensi guru, namun juga bagaimana bisa menjaga alam.

“Tetapi bagaimana mendorong siswa, agar bisa belajar dari alam,” katanya

Apalagi saat ini, lanjut Akmal, Sulbar menjadi daerah dengan potensi rawan bencana yang tinggi. Sehingga, mengajarkan siswa untuk bisa mencintai lingkungan sangatlah penting.

Untuk itu, keterlibatan guru harus berperan untuk membangkitkan kepedulian tentang betapa pentingnya lingkungan.

“Saya mengajak kepala sekolah untuk menjaga lingkungan dengan pendidikan, saya percaya pendidikan merupakan instrumen yang tepat untuk menjadi anak didik peserta didik yang baik,” ucapnya.

Memulai hal itu, ia pun mendorong lima Kabupaten yang ada di Sulbar, dari Polman sampai Pasangkayu, untuk melakukan penanaman mangrove. Sementara untuk Kabupaten Mamasa, di fokuskan untu penghijauan kembali daerah aliran sungai.

“Aksi nyata melibatkan peserta didik adalah hal yang penting. Saya meminta dukungan seluruh kepala sekolah,menanam 1,2 juta mangrove yang akan dilakukan,” tutup Pj Gubernur Sulbar.[rls / Advetorial]*