Alat Perekam dan Server Dukcapil Polman Rusak, Ilham Berharap Ada Bantuan Dukcapil Pusat

Dukcapil Polman
Dukcapil Provinsi Sulbar kunjungi Kantor Dukcapil Polman, Jumat (26/2)

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sulawesi Barat Ilham Borahima  berkunjung ke kantor Dinas Dukcapil kabupaten Polman untuk melihat langsung bentuk pelayanan, Jumat (26/2/2021).

Kedatangan Ilham di kantor Dinas Dukcapil Polman, ia mendengar informasi terkait kerusakan alat perekam pembuatan Kartu Tanda Pendudukan (KTP) dan server pencatatan kependudukan.

Dari hasil penemuan tersebut, ia pun langsung melakukan komunikasi terhadap Disdukcapil pusat di Jakarta untuk memperbaharui segera alat yang sangat vital tersebut.

“Bahwa ini adalah alat yang sangat vital dalam pelayanan kita, kalau server rusak segera dilakukan pengadaan baru,” ucap Ilham saat ditemui awak media diruang kepala bidang pelayanan Disdukcapil.

Bukan hanya itu, Ilham juga menekankan kepada kepala Dinas Disdukcapil Polman untuk tetap menjaga kedisiplinan, mental dan moral aparat/pegawai dalam melayani masyarakat Polewali Mandar.

Karena menurut Ilham, Dukcapil Polman sudah dianggap memiliki Pelayanan terbaik dan profesional. Hal tersebut terbukti dengan adannya penghargaan dari KemenPAN-RB dan lembaga Ombudsman tahun 2020 kemarin.

Terkait isu ada calo atau pungli pada pelayanan administrasi yang menyebar dikalangan masyarakat. Ilham mengatakan, jangan sampai perbuatan seperti itu benar-benar terjadi.

“Nama baik Dukcapil dalam pelayanan publik, sama sekali tidak boleh ada pelayanan calo atau praktek pungli,” tegasnya.

Terkahir ia menjelaskan, bahwa tidak ada alasan pelayanan pembuatan KTP terhenti karena kehabisan blanko. Hal itu Sangat tidak dibenarkan Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sulawesi Barat.

Menurutnya itu adalah alasan klasik. Selama 2 tahun menjabat sebagai Kepala Dinas Dukcapil Provinsi, ia sudah mengantisipasi agar tidak terjadi kekosongan blanko.