Anak Tukang Becak Asal Polman Menjadi Lulusan IPDN

Muhammad Ilham Tahir, anak tukang becak lulus IPDN
Muhammad Ilham Tahir, anak tukang becak lulus IPDN

PaTTaE.com – POLMAN| Muhammad Ilham Tahir, anak tukang becak asal Polewali Mandar (Polman) lulus sebagai mahasiswa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) setelah dilantik presiden RI Joko Widodo, Rabu 29/7/2020 lalu.  

Menjadi seorang anak tukang becak, Muhammad Ilham Tahir berhasil meraih peringkat ke 222 dari 881 mahasiswa IPDN yang telah dilantik.

Sebelumnya, pemuda asal Kelurahan Madatte Polman tersebut sempat kuliah di salah satu kampus ternama di Makassar Sulawesi Selatan. Namun, dengan modal coba-coba, ia pun mendaftar sebagai mahasiswa IPDN dan dinyatakan lulus pada 2017 lalu.

“Lulus SMA kan sempat kuliah di Unhas. Pas di Unhas itu, ada senior yang informasikan kalau pendaftaran IPDN buka. Dari info tersebut, saya mencoba untuk daftar.” Tutur Muhammah Ilham Tahir saat dijumpai wartawan, Senin 03/8/2020.

Muhammad Ilham Tahir atau biasa disapa Ilo, mengaku lulus sebagai mahasiswa institut pemerintahan dengan dorongan keyakinan kuat. Selain itu, Meringankan beban orang tua dalam membiyai studinya, juga menjadi motivasinya untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa IPDN.

“Rejekinya sudah disana apapun yang kita lakukan pasti di sana. Dan saya tau di IPDN itu biayanya di tanghung oleh negara jadi tidak menyusahkan orang tua.” Lanjutnya.

Orang tua Ilo yang sejak tahun 80-an bekerja sebagai tukang becak. Kadang juga menjadi buruh, dan juga tukang batu. Baru mengetahui anaknya mendaftar IPDN setelah lulus menjadi mahasiswa IPDN.

“Nanti setelah  di undang di IPDN baru tau kalau mendaftar”. Tutur Muh Tahir orang tua Ilo.

Mengetahui anaknya menjadi salah satu lulusan IPDN, membuat Muh Tahir, sang ayah merasa terharu atas prestasi yang diraih anaknya.

“Terharu sekali karena kita ini kasian orang tidak mampu,” ungkapnya

Muhammad Ilham Tahir dilantik Presiden RI Joko Widodo bersama 881 lulusan IPDN lainnya Rabu 29/7/2020 lalu.[*]