Anda Sering Dibuat Malu Akibat Kebiasaan Sendawa? Berikut, Tips Mengatasinya

Sendawa yang sering membuat kita malu. ini tips nya
Photo Sendawa

Sendawa dalam bahasa ilmiah disebut Aerophagia, atau dalam keseharian masyarakat Pattae menyebut kebiasaan ini dengan istilah Tigoro.

Sendawa kerap dikaitkan dengan nilai kesopanan seseorang. Sehingga ketika bersandawa, mereka akan merasa malu apabila hal tersebut dikeluarkan dan terdengar di tempat umum.

Walaupun sendawa bukan termasuk penyakit, tapi kebiasaan ini kerap menjadi gangguan dan rahasia tersindiri bagi seseorang yang mengalaminya.

Tapi tenang guys! Berikut ini adalah tips simpel dalam mengatasinya;

Diet

Bersendawa sering terjadi akibat dari asupan minuman dan makanan yang menyimpan gas seperti soda, jus apel, buah mentah, kacang polong dan lain-lain.

Olehnya, anda perlu mengetahui ukuran makanan dan minuman yang dapat menyebabkan sendawa tersebut. Selanjutnya, anda melakukan diet dengan menghindari minuman dan makanan seperti diatas untuk mencegah gangguan tersebut kambuh lagi.

Asupan udara

Selain dari asupan makanan dan minuman yang mengandung gas, teryata menelan udara yang terlalu banyak juga merupakan penyebab anda bersendawa. Hal ini terjadi bagi orang yang sering merokok, mengunyah permen karet dan menyamntap makanan dengan tergesah-gesah.

Hindari hal diatas agar anda bebas dari kebiasaan sendawa dan bisa lebih merasakan hidup sehat.

Jauhkan kegiatan berbaring atau tidur sehabis makan

Berbaring atau tidur sehabis makan merupakan kebiasaan tidak baik yang sering dilakukan dan dapat mengganggu kesehatan tubuh. Baiknya, anda beraktifitas biasa saja seperti, berjalan atau duduk sejenak dengan jangka waktu 10 menit. hal ini lebih baik untuk mencerna makanan yang kita konsumsi.

Konsumsi jahe

Tips selanjutnya yang bisa anda praktekkan setelah makan adalah dengan mengkonsumsi potongan jahe kering atau biji adas. atau lebih enaknya anda bisa ngemil permen yang terbuat dari jahe, karena hal tersebut dapat meredakan masalah sendawa anda.

Tips terakhir yang anda bisa lakukan adalah dengan berolahraga

Olahraga ringan dapat mengeluarkan angin dari dalam perut, hal ini dapat anda praktekkan dengan posisi terlentang dan menekan lutut ke dada. Hal tersebut dapat dilakukan berulang sebanyak 10 kali.

Cara diatas dapat membuat seseorang nyaman dan terhindar dari sendawa yang kerap mengganggu aktivitas anda. Selamat mencoba guys.! Sampai jumpa.

Pembinaan Keluarga Lansia yang diselenggarakan mahasiswa Stikes Biges Polewali Mandar
Mahasiswa Stikes Biges Melaksanakan Pembinaan Masyarakat Lansia