Andi Aprasing Lamattulada Dikukuhkan sebagai Arajang Binuang ke XVIII

Arajang Binuang ke XVIII
Pengukuhan Arajang Binuang ke XVIII (Tengah)

Pengukuhan Andi Aprasing Lamattulada sebagai Arajang Binuang ke XVIII diwarnai Prosesi Adat dan Penampilan sejumlah benda benda pusaka.

Resmi di Kukuhkan dan dinobatkan sebagai Arajang Binuang ke XVIII disaksikan Dewan Adat Tallu Bate di Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. Minggu (8/5/2022).

Selain itu, Tampak hadir sejumlah Perwakilan kerajaan baik dari Sulawesi Selatan maupun Sulawesi Barat dan sejumlah Pemangku adat (Tomakaka).

“Hampir semua Tomakaka yang ada di Kabupaten Polewali Mandar hadir ditempat ini memberikan dukungan. Dan mensukseskan kegiatan pengukuhan yang dilaksanakan oleh Dewan Adat Tallu Batte,” Ungkap Juru Bicara Keluarga Besar Aradjang Binuang Irfan A. Palalloi bin Andi Palalloi bin Andi Pabettai bin Andi Mattulada.

Lanjutnya Irfan mengatakan, “Kebetulan yang hadir ini ada Tuang dari Sidendreng, kemudian undangan juga kita kirim ke kerajaan Bone dan Gowa. Namun karena mungkin kebetulan bertepatan hari libur sehingga, belum berkesempatan untuk hadir,” tambahnya.

Setelah prosesi pengukuhan Arajang Binuang, dilanjutkan dengan prosesi pengukuhan Perangkat kerajaan oleh Arajang Binuang XVIII Andi Aprasing Lamattulada sendiri.

Tak hanya itu, ada juga pengukuhan atau penobatan Putri Binuang yang ikut serta di kukuhkan yakni Puang Anneng dan dengan Puang Angka’.

Selain menampilkan benda benda pusaka, acara juga menampilkan tarian adat Mappadendang dan Rebana.[*]