Angka Kemiskinan Kabupaten Polewali Mandar Menurun Tiap Tahun

angka kemiskinan Polewali Mandar
Trend penurunan Angka kemiskinan Polewali Mandar. Gambar: BPS Polewali Mandar

Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar saat menyampaikan pidatonya pada hari Jadi kabupaten Polewali Mandar ke 61tahun, di Ruang Paripurna DPRD Polman, Selasa 29/12/2020. Memaparkan sejumlah capaian pemerintah Polewali Mandar.

Salah satu yang diungkapkan yaitu terkait angka kemiskinan di Kabupaten Polewali Mandar yang di klaim mengalami penurunan sejak tahun 2015, hingga tahun 2020.

Dalam pidatonya, Andi Ibrahim mengungkapkan, pada 2015 angka kemiskinan di Polewali Mandar berada pada 18,22%.

Lalu di tahun-tahun berikutnya, mengalami penurunan. Pada tahun 2019 sendiri, angka kemiskinan menuju ke angka 15,60% atau turun sebanyak 2,32 % dari proyeksi jumlah penduduk sebanyak 442.576 jiwa.

“Kemiskinan yang terus merangkak turun,yang pada tahun 2015 mencapai 18,22% tahun ini (2020) tinggal menyisakan 15.6%” Tulis AIM, (sapaan Andi Ibrahim Masdar) dalam Pidatonya

Trend penurunan angka kemiskinan tersebut, diklaim sebagai yang terbaik di Sulawesi Barat. Bahkan, dengan adanya penurunan terus menerus tiap tahunnya. Kata AIM, hal itu mempertegas status kabupaten Polewali Mandar keluar dari status daerah tertinggal.

Sementara dari sektor pertumbuhan ekonomi. Polewali Mandar juga diklaim mendapatkan peringkat terbaik di Sulawesi Barat dengan capaian 6,17%. Angka tersebut, kata AIM, jauh diatas rata-rata Provinsi Sulawesi Barat yang hanya menyentuh angka 5.22%.

Sedangkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) Kabupaten Polewali Mandar kembali menjadi yang terbaik di Sulawesi Barat dengan mencapai angka 3,19% pada tahun 2019.

Dari serangkaian prestasi itu, AIM berharap, dapat menjadi kado bagi masyarakat Polewali Mandar dimasa yang serba sulit akibat pandemi Covid-19.