Antisipasi Mudik Ditengah Pandemi, Pemerintah Siapkan Ruang Karantina

Peninjauan Lokasi Karantina dalam meng-antisipasi mudik di tegah mewabahnya virus corona
Peninjauan Lokasi Karantina dalam meng-antisipasi mudik di tegah mewabahnya virus corona

Setelah pembatasan bagi warga yang tidak ber-KTP Sulbar, pemerintah Polewali Mandar mengeluarkan kebijakan karantina bagi warganya yang pulang kampung.  Hal ini dilakukan guna meng-antisipasi mudik lebaran Idul Fitri 1441 H yang diprediksi akan membludak ditengah pandemik virus Corona.  

Antisipasi arus mudik tersebut, Bupati Polewali Mandar mengeluarkan surat edran. Menugaskan pemerintah tingkat Kecamatan untuk menyediakan lokasi karantina di daerahnya masing-masing.

Hal ini ditanggapi langsung pemerintah Kecamatan Binuang dengan menyediakan lokasi karantina yang bertempat di SMK SPP Negeri Rea Timur bagi warganya yang hendak pulang kampung di masa pandemik Covid-19.

Awalnya, penentuan lokasi karantina sempat mendapat penolakan dari warga, jika ruang karantina ditempatkan di sekolah yang ada di masing-masing Desa. Setelah pemerintah berkoordinasi dengan gugus Covid-19 tingkat Kecamatan Binuang, sekolah SMK SPP Rea Timur sebagi tempat karantina bagi warga Binuang yang hendak pulang kampung nantinya.

“Awalnya, kami (pemerintah Kecamatan) sudah menunjuk sekolah yang ada di desa, untuk ditempati karantina bagi pandatang. Tapi, karena ada penolakan warga, maka kami pindahkan.” Ungkap Andi Idrus selaku Camat Binuang, Sabtu 09/05/2020

Sebenarnya, Stadion S. Mengga menjadi pusat karantina bagi warga Polman yang mudik dalam situasi pandemik. Namun, lokasi tersebut di prediksi akan membludak, maka Bupati mengeluar surat edaran agar pemerintah tingkat Kecamatan menyediakan ruang karantina sendiri sebagai alternatifnya.  

“Kami (Pemerintah Kecamatan) menyiapkan tempat cadangan yang diminta oleh kabupatan untuk antisipasi membludaknya pemudik. Kami juga akan koordinasikan dengan kepala puskesmas binuang terkait kesiapanya untuk bisa bersama sama menjaga warga yang dikarantina.” Tuturnya

Sementara itu, Anggota Gugus Covid-19 Kecamatan Binuang Arifuddin berharap, kebijakan karantina ini, bisa membuat warga Binuang berpikir dua kali untuk pulang kampung atau mudik lebaran di masa-masa wabah corona melanda sejumlah daerah.

Antisipasi mudik lebaran
Penyediaan ruangan karantina bagi warga Kecamatan Binuang yang mudik di tengah pandemi corona

Ruang Karantina yang berlokasi di Sekolah SMK SPP Rea Timur tersebut dibagi per masing-masing Desa/Kelurahan yang ada di Kecamatan Binuang.[pattae.com/Ridwan]*