Antusias KKN IAI DDI Polman dan STIEM Mamuju Siapkan Pesta Tani

pesta tani
STIE Mamuju dan IAI DDI Polman yang berposko di Desa Tonyaman

Antusias mahasiswa KKN IAI DDI Polman dan STIE Muhammadiah Mamuju mempersiapkan kegiatan yang diselenggarakan pemuda Karang Taruna, Kamis (28/03/19). Acara pesta tani tersebut akan berlangsung di Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar Sabtu 30 Maret 2019.

Sekitar 30 mahasiswa KKN dan pemuda melakukan proses penebangan bambu di salah satu kebun milik warga Tonyaman di Desa Kuajang.

Proses pengambilan bambu tersebut merupakan persiapan pembuatan masakan lemang atau nasi bambu pada acara pesta tani yang akan berlangsung.

Bambu ditaksir capai 600 potong, dan 150 kg beras ketan untuk dijadikan sebagai hidangan makanan tuk disajikan kepada tamu undangan pada pesta tani nantinya.

Mahasiswa KKN yang tergabung dari dua kampus yang berbeda itu, mereka terlihat lihai melakukan proses penebangan, pemotongan dan pencucian bambu.

Bambu  yang telah dipotong-potong tersebut, akan dijadikan sebagai wadah pembuatan Lemang. Setelah bambu tersebut di isi beras ketan, kemudian di panggang hingga menghasilkan sajian khas pada pesta tani nantinya.

“Pengambilan bambu ini untuk persiapan acara pesta tani dan termasuk salah satu proker kami”. Ujar Nurmina mahasiswa KKN IAI Polman.

Upaya yang dilakukan Mahasiswa KKN yang berposko di Desa Tonyaman itu. Sebagai upaya membangun silaturahmi dengan pemuda serta masyarakat yang ada di desa tersebut melalui kegiatan-kegiatan sosial.

“Kami berharap bisa menjalin silaturahmi antara pemuda dan masyarakat Tonyaman”. Tutup Nurmina.

Ungkapan tersebut seirama dengan pernyataan Sugiarto Alberth selaku kordinator desa KKN STIE Muhammadiah Mamuju di Desa Tonyaman.

“Antusias kami ini merupakan sumbangsi dan rasa terimakasih kepada seluruh masyarakat Desa Tonyaman”. Ungkapnya.

“Hadirnya pemuda karang taruna sebagai penggerak menjadi modal berharga bagi seluruh pemuda di Desa Tonyaman”. Tutup Sugiarto.

Melalui kegiatan KKN tersebut, diharapkan, ilmu yang mereka peroleh di ruang kuliah, bisa terealisasikan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat setempat. Melaksanakan program-program kerja sosial yang nantinya berdampak positif ditengah masyarakat salah satunya.

Mereka berharap agar tugas pengabdian masyarakat yang diberikan, dapat diselesaikan dan membawa prestasi baik bagi kampus mereka masing-masing.(*)

Penulis: Iwank*