Antusias Peserta PJD, Lakukan Praktek Wawancara

Antusias Peserta PJD, Lakukan Praktek Wawancara
Antusias Peserta PJD, Lakukan Praktek Wawancara di daerah Sappoan, Minggu 10/11/2019

Peserta pelatihan jurnalistik dasar media online Pattae.com  lakukan praktek wawancara di tengah masyarakat pattae. Agenda tersebut diikuti belasan calon anggota pattae.com yang berasal dari berbagai Desa yang berbeda.

Kegiatan tersebut berlangsung di tiga titik lokasi. Antaranya, kantor UPTD, permandian Wai Batu dan terakhir dilaksanakan di kantor pattae.com.

Dalam pelatihan tersebut ada beberapa rangkaian kegiatan yang mereka laksanakan. Antaranya, penerimaan materi kejurnalistikan, etika wawancara, praktek wawancara (kegiatan lapangan) dan koreksi penulisan. Praktek wawancara para peserta PJD yang dilaksanakan di objek wisata Wai Batu (10/11), berlangsung seru.  

Tugas praktek peliputan berita menjadi tantangan tersendiri bagi mereka para peserta PJD tahun ini (2019). Praktek wawancara yang mereka laksanakan tersebut merupakan tahap kedua setelah pembukaan di hari pertama di gedung UPTD Polewali Mandar, sabtu (09/11).

Peserta pada kegiatan yang dilangsungkan Itu diberikan bekal materi sebelum diterjunkan ke lokasi peliputan untuk melakukan proses wawancara.

“Sebelum kami diterjunkan kelapangan untuk praktek wawancara kami di berikan bekal semacam teori sebelum melakukan tugas tersebut” ujar Sulfiah.

“Nah dari materi yang diberikan kami implementasikan dipraktek wawancara tadi” Lanjutnya.

Tugas praktek wawancara tersebut merupakan usaha yang dilakuakan pantia/pengurus media online pattae.com untuk membangun karaktek peserta mendalami profesi seorang jurnalis.

” Jadi, tujuan dari praktek wawancara ini, untuk melatih para calon anggota dalam berwawancara. sehingga tidak kaku saat terjun ke lapangan kelak.”  ungkap Desi.

Haerul yang kerap disapa bung Chakai mengatakan, praktek peliputan ini guna mengenalkan para peserta pelatihan tentang etika wawancara.  

“Sengaja kita agendakan praktik wawancara langsung di kegiatan pelatihan jurnalistik ini. Kegiatan ini, mengenalkan mereka tentang etika-etika saat wawancara dan tetap dalam dampingan mentor” ungkapnya.

“Sebab kedepannya mereka akan lebih banyak melakukan kerja tersebut” Tutup bung Chakay yang diketahui sebagai Direktur Utama media online pattae.com.

Pelatihan jurnalistik dasar tersebut akan berlanjut esok hari, Senin (11/11). Di kantor pattae.com dengan agenda koreksi penulisan berita hasil dari peliputan yang para peserta lakukan sebelumnya.

Penulis: Iwank*

Launching Sanggar Seni To Marendeng
Launching Sanggar Seni To Marendeng Majene, Berlangsung Meriah