Apa Itu Ngabuburit ? Berikut Pengertian dan Asal Usulnya

Apa Itu Ngabuburit
Masjid 99 Kubah Kota Makassar. Foto: sulselnetwork.com

Apa itu ngabuburit ? Mungkin itulah pertanyaan saat baru pertama kali mendengar istilah ngabuburit. Mungkin juga sebagian dari kita baru bertanya, meski telah kita lontarkan berulang-ulang kali.

Ngabuburit sebenarnya merupakan aktivitas rutin yang kerap dilakukan masyarakat yang beragama islam saat memasuki bulan Ramadan diberbagai daerah di Indonesia. Nah, darimana sih sebenarnya, istilah ini bermula?

Berikut kita ulas, apa itu ngabuburit, beserta asal usulnya yang kini menjadi sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia, khususnya para kaula muda saat bulan puasa tiba.

Ngabuburit sendiri secara umum diartikan sebagai kegiatan di sore hari menjelang waktu Magrib. Karena istilah ini populer digunaan saat Ramadan, maka Ngabuburit diartikan sebagai kegiatan menunggu waktu berbuka puasa.

Asal Usul Istilah Ngabuburit ?

Kata Ngabuburit sebenarnya diambil dari bahasa Sunda. Seperti penjelasan dalam Kamus Bahasa Sunda terbitan Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS) dikutip dari kompas.com, kata ngabuburit diambil dari kalimat “ngalantung ngadagoan burit” yang artinya bersantai di waktu sore hari.

Ngabuburit sendiri diketahui berasal dari kata dasar “burit” yang berarti “sore hari” yang kemudian ditambahkan awalan “Nga”, dan repetisi kata “bu” sehingga menjadi “ngabuburit”.

Kata keterangan waktu dalam bahasa Sunda bisa berubah menjadi kata kerja setelah ditambah awalan “Nga” dan pengulangan kosa kata “bu”. Sehingga menjadi ngabuburit yang berarti menghabiskan waktu disore hari.

Semakin populernya istilah ini, membuat banyak orang dari berbagai daerah di Indonesia, meski tak berasal dari Tanah Sunda, menggunakan istilah tersebut untuk menunjukkan aktivitasnya di sore menjelang waktu berbuka puasa.

Aktivitas Ngabuburit

Ngabuburit di berbagai daerah di Indonesia, umumnya dilakukan dengan berbagai bentuk aktivitas sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Terdapat beberapa kegiatan khas yang sering dilakukan saat ngabuburit di bulan Ramadan yaitu, mengikuti tadarus Al Quran, berburu takjil, berwisata ke pantai, hingga melakukan kegiatan olahraga di sore hari.

Semakin Populernya istilah ngabuburit, semakin berkembang pula bentuk kegiatan yang dilakukan. Contohnya, mengadakan pagelaran musik, diskusi ilmiah (bedah buku), hingga kumpul-kumpul bersama kerabat dan para sahabat.

Nah, kini sudah kita jelaskan apa itu Ngabuburit dan asal usulnya. Mungkin dari daerah lain memiliki istilah khusus saat menunggu waktu berbuka puasa, bisa di share atau di publis dalam bentuk tulisan.

Marhaban ya Ramadan! Selamat menanti waktu berbuka puasa bagi yang menjalankannya.[*]