Bahtiar Minta Ilham Borahima Fokua Kawal Pilkada Serentak 2024

Pilkada Serentak 2024
Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin memberikan arahan saat berkunjung kantor Bupati Polman

Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Bahtiar Baharuddin melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Polewali Mandar, Kamis (30/5/2024).

Dalam kunjungannya, di hadapan Forkopimda dan para Kepala OPD Pemkab Polman. Bahtiar meminta Pj. Bupati Polman yang dijabat oleh Ilham Borahima, memfokuskan kegiatannya pada mengawalan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

Fokus Pj Bupati Polman kata mantan Pj Gubernur Sulsel tersebut, selain melanjutkan pembangunan, juga memastikan kesuksesan pelaksanaan Pilkada serentak yang tahapannya kini tengah berproses..

Seluruh ekosistem Pilkada di Kabupaten Polman lanjut Bahtiar, persiapannya harus matang. Bila perlu Pemkab Polman mengadakan recofusing (perubahan alokasi anggatan) agar penyelenggara dan keamanan selama Pilkada berlangsung anggarannya tercukupkan.

“Saya sudah perintahkan ke Pj Bupati pastikan uangnya cukup, pastikan tahapannya jalan dengan tetap berkoordinasi KPU (Polman),” ujar Bahtiar Baharuddin.

Menanggap hal itu, Pj Bupati Polman Ilham Borahima mengaku siap menjalankan apa yang menajdi rekomendasi atau arahan Pj Gubernur Sulbar kepadanya.

“Tidaka ada alasan apapun, kita harus mensukseskan Pilkada ini,” terang Pj. Bupati Polman Ilham Borahima.

Ilham menegaskan saat ini belum menemukan ada kendala terkait anggaran. Sebab, sebelum Dirinya bertugas sebagai Pj Bupati Polman, Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pilkada 2024 telah dilakukan penandatanganan.

Dalam naskah perjanjian tersebut, terdapat alokasi anggaran Pemkab Polman untuk Pilkada serentak nantinya sebanyak Rp. 39 Milyar.

Sementara untuk biaya pengamanan Pilkada 2024 untuk instansi Kepolisian dan TNI kata Ilham, juga sudah ada yaitu, Rp. 8 Milyar lebih.[*]