Bangun Minat Baca, Dinas Perpustakaan Daerah Buka Lapak Baca di Desa Kaleok

Anak-anak Desa Kaleok sedang memilih buku di perputakaan keliling Dinas Perpustakaan Daerah dalam program buka lapak baca
Anak-anak Desa Kaleok sedang memilih buku di perputakaan keliling Dinas Perpustakaan Daerah dalam program buka lapak baca

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (PAD), bekerja sama Organisasi Kesatuan Pelajar Mahasiswa-Polewali Mandar (KPM-PM) Cabang Binuang membangun minat baca anak-anak Desa Kaleok, Kecamatan Binuang dengan membuka lapak baca.

KPM-PM Cabang Binuang yang sedang melakukan Bakti Sosial atau Baksos di Desa tersebut. Pada kesempatannya mengundang Dinas Perpustakaan Daerah mengadakan buka lapak baca di depan kantor Desa Kaleok, Kamis 13/02/2020 kemarin.

Dengan adanya kegiatan buka lapak baca tersebut, terlihat anak-anak menyambut dengan antusias dan asyik memilih-milih buku yang akan dibacanya. Kegiatan tersebut sangat di dukung kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Polewali Mandar. Dia mengaku sangat membantu pihak pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa pada kegiatan itu.

Selain itu, ia juga mengatakan, selalu siap memberikan bantuan berupa buku, serta membuka lapak baca tiap daerah pelosok yang memerlukan. Pemberian bantuan ke daerah pelosok tersebut dengan syarat, daerah tersebut dapat di jangkau kendaraan roda dua (mobil), lanjutnya.

Dalam kegiatan Baksos itu. Dinas Perpustakaan juga memberikan beberapa buku kepada ketua KPM-PM Cabang Binuang untuk mengisi rak buku yang sedang mereka (KPM-PM) bangun di depan kantor Desa Kaleok.

Lapak Baca yang di bangun KPM PM Cabang Binuang di Desa Kaleok

Sebelum KPM-PM Cabang Binuang. Pihak Dinas Perpustakaan Daerah juga pernah melaksanakan kegiatan serupa, bekerja sama dengan komunitas “To Malolo To Makappa” di Desa Kaleok

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Polman, Andi Amrin mengatakan, kedepan-nya bila pihak KPM-PM Cabang Binuang melakukan bakti sosial di daerah-daerah. Dinas perpustakaan siap membantu sepanjang desa yang di tempati di jangkau mobil dan tidak berbenturan dengan jadwal Dinas Perpustakaan.

Selain itu, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah menambahkan. Setiap tahunnya, pihaknya mengadakan perlombaan perpustakaan desa dan sekolah. Pada program lomba itu, yang menjadi juara tingkat desa dan kelurahan akan mewakili Sulawesi Barat di tingkat Nasional.

Dalam kunjungan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang biasa disapa Pak Amrin, mengikut sertakan semua Kepala Bidang dan karyawan-nya kelokasi Baksos. Hal ini dilakukan, lanjut Pak Amrin mengatakan, supaya mereka bisa melihat langsung kondisi di lapangan.

Andi Amrin (57) Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah berharap, program perpustakaan keliling mereka bisa lebih maju, dan lebih bermanfaat khususnya masyarakat Polewali Mandar.[pattae.com/Ulfa]*