Banjir Bandang di Masamba, RBI Ajak Warga Tonyaman Open Donasi

Warga Tonyaman ikut membantu korban bencana alam banjir bandang di Masamba, Luwu Timur
Warga Tonyaman ikut membantu korban bencana alam banjir bandang di Masamba, Luwu Utara

TONYAMAN- POLMAN | Banjir bandang yang menghantam daerah Masamba Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan pada 13 Juli kemarin. Memicu banyak perhatian. Tak sedikit lembaga, komunitas di berbagai daerah berbondong-bondong, membuka donasi untuk warga Masamba.  

Di Polewali Mandar sendiri, terdapat banyak aksi penggalangan dana di jalan trans Sulawesi, yang dilakukan sejumlah lembaga/komunitas. Hal itu mereka lakukan demi membantu meringankan beban, warga yang tertimpa musibah banjir bandang.

Lain halnya dengan Rumah Baca Inspirasi (RBI), mereka menggalang dana dengan bergerak menyisir rumah-rumah warga di Desa Tonyaman Kecamatan Binuang Polewali Mandar, Rabu 15 Juli 2020.

Berbekal dos bekas mie instan, pecinta litersi tersebut bergerak dari rumah ke rumah sambil memperlihatkan rekaman video musibah banjir bandang di Masamba. Warga Tonyaman pun menjadi prihatin dan antusias memberikan donasinya.

“Dana yang kami kumpulkan sejak door to door dari rumah warga, terkumpul sebanyak  Rp. 706.000 , ini baru satu dusun, di Dusun Welang Pelang. Insya kami lakukan sampai selesai, dan menyisir 6 dusun lagi,” ungkap Sugiono Aziz Munandar (23) salah satu pendiri RBI Desa Tonyaman.

Hasil dari penggalangan dana yang mereka kumpulkan nantinya, akan di salurkan ke warga Masamba yang sedang mengalami musibah melalui Dompet Dhuafa Sulawesi Barat.

“Dana yang terkumpul. Akan kami salurkan ke posko gabungan penampungan donasi, oleh lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa Sulawesi Barat. Sebagai mitra kemanusiaan, untuk kemudiaan kami akan bergabung, dalam distribusi penyalurannya ke lokasi,” lanjutnya

Dengan adanya warga yang terkena bencana alam, lanjut Sugiono, semangat gotongroyong menjadi hal yang harus dilakukan untuk saling membantu meringankan beban satu sama lain.

“Berbicara kemanusiaan tidak bisa terlepas dari semangat gotong-royong, bersatu meringankan beban saudara kita di Luwu Utara. Untuk itu RBI siap bergerak dan berkolaborasi.” tambahnya[blantara/]*