Banjir Hantam Desa Amola, Ratusan Rumah Rusak dan Penuh Lumpur

Desa Amola
Desa Amola Pasca di hantam Banjir

Pasca banjir menerjang Desa Amola, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) pada Jumat (16/12) kemarin malam, menyisakan lumpur di Empat Dusun dan merusak ratusan rumah warga.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, luapan aliran sungai Paku setelah empat jam di guyur hujan deras disertai angin kencang merendam sejumlah rumah warga.

Salah satu warga yang di temui, Rahmatia, menceritakan kronologi sungai Paku meluap. Menurutnya, luapan sungai tersebut merupakan yang terbesar setelah beberapa tahun tidak pernah terjadi.

“Tiba-tiba air naik setelah hujan deras, saya loncat bersama anakku. Karena rumah sudah goyang,” ujarnya saat di temui, Sabtu (17/12).

Rumah Rahmawati, yang berada di pinggir aliran sungai. Mengalami kerusakan dan tidak dapat lagi di tempati. Ia pun bersama keluarganya, sementara waktu mengungsi di rumah kerabatnya.

Mirisnya lagi, selain merendam rumah warga. Tanaman perkebunan jagung hingga persawahan warga, rusak akibat banjir.

Desa Amola
Salah satu rumah di Desa Amola Rusak pasca dihantam Banjir, Jumat (16/12) kemarin

Salah satu Aparat Desa Amola Muslimin, menjelaskan sedikitnya jumlah rumah yang terdampak sekitar 232 Kepala Keluarga (KK).

“Hampir semua rumah warga di empat dusun ini terdampak banjir setelah air sungai meluap,” Jelas Muslimin.

Lanjut, Muslimin menyebutkan data yang berdampak untuk di Dusun Saluta 10 KK yang terdampak, Dusun Amola, 137 KK, Dusun Pasang 10 KK dan di Dusun Saurang 75 KK yang terdampak.

Saat ini warga pun masih berbenah membersihkan sisa kayu bawaan banjir di sekeliling halaman rumah warga.

Muslimin mengaku telah melaporkan data tersebut ke pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Polman.

Untuk memberikan bantuan berupa logistik, karena sebagian peralatan dapur rumah warga masih dalam pengeringan usai banjir surut.

Warga di empat dusun tersebut mulai membersihkan sisa lumpur bawaan banjir. Mereka mencuci baju, tikar dan peralatan rumah dapur lainya.[*]