Bantuan Presiden Jokowi ke Pengungsi Gempa Sulbar, DiKawal Polres Polman

Bantuan Presiden
Bantuan Presiden ke korban gempa Sulbar. Minggu (17/1). Foto: Doc. Polres Polman

Bantuan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) tiba di Sulawesi Barat, Senin (18/1/2021). Bantuan tersebut rencananya dikirim ke posko induk yang berada di kabupaten Mamuju dikawal kepolisian Polres Polman.

Bantuan Presiden yang diangkut 9 truk berisi 9 ribu beras 5 kg, minyak kelapa, gula pasir dan teh dikirim Jokowi untuk korban bencana gempa Sulbar.

“Semoga Allah Swt memberikan keselamatan dan kelancaran dalam pengiriman logistik ini serta bernilai ibadah,”ujarnya Kapolres Polman Akbp Ardi Sutriono .

Sesuai data dari Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per 17 Januari 2021 pukul 14.00 WIB. Terdapat 27.850 orang mengungsi di 25 titik pengungsian.

Lokasi pengungsian diantaranya di Desa Kota Tinggi, Desa Lombong, Desa Kayu Angin, Desa Petabean, Desa Deking, Desa Mekata, Desa Kabiraan, Desa Lakkading, Desa Lembang serta Desa Limbua. Lokasi tersebut beradi di Kabupaten Majene dan Mamuju Sulawesi Barat.

Sementara di lima titik pengungsian terletak di Kecamatan Mamuju dan Kecamatan Simboro yang masih dalam proses pendataan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan telah kembali terjadi gempa bumi dengan kekuatan M5,0 di Kabupaten Majene. BMKG juga memperkirakan gempa susulan masih akan terus terjadi.

Untuk itu warga dihimbau untuk tetap berjaga-jaga dan menjauhi baguanan yang mudah roboh saat gempa, dan menjauh dari reruntuhan. Selain itu, warga juga diimbau untuk menjauhi tanah rawan longsor dan pantai.