Banyak Warga Tak Masuk Dalam DPT Pilkades, PMD: Kami Juga Tak Tahu

DPT Pilkades
Dinas PMD Polewali Mandar saat ikut memantau proses Pilkades di Desa Sumberjo, Kamis (18/11/2021)

Menanggapi Keluhan masyarakat yang tidak masuk dalam daftar pemilihan tetap (DPT) Pilkades Serentak 2021 Kabupaten Polewali Mandar. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Polman Andi Nursami Masdar mengaku heran dan tidak tau kenapa masih ada yang tidak masuk dalam DPT. Padahal, kata Nursami, sejak awal pihaknya sudah menyampaikan ke Panitia Desa untuk mengumumkan DPT sebelum hari Pemilihan.

“Saya juga nda tau kenapa masih ada yang tidak masuk, dan kemarin memang ada beberapa desa yang datang di Kantor menanyakan terkait hal itu. Tapi kami tidak bisa apa-apa lagi. Karena kan kita sudah H-1,” ucap Andi Nursami saat ditemui di kantor Desa Sumberjo, Kamis (18/11/2021).

Lanjut, Andi Nursami menerangkan jika dilakukan penambahan DPT lagi itu bisa berdampak pada TPS, Anggaran dan sebagainya.

Selain itu, ia menegaskan sesuai aturan dalam Permendagri No. 112 menyatakan, yang berhak menggunakan hak pilih dalam Pilkades adalah yang terdaftar dalam DPT. Sehingga masyarakat yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap tidak bisa ikut pemilihan dengan menggunakan KTP atau KK.

“Sudah ada aturan dari Permendagri yang bisa mencoblos itu adalah yang masuk dalam DPT,” tegas kadis PMD Polman.

Sementara itu, Ketua TPS 2 Desa Sumberjo Eko menyebutkan yang tidak masuk dalam DPT itu tidak diperbolehkan ikut memilih. Sejauh ini, mulai dari pencoblosan sampai perhitungan suara belum ada masyarakat yang datang memprotes atau mengadu terkait hal itu.

Desa Sidorejo, sebelum H-1 diketahui sepakat akan menggunakan KTP jika ada masyarakat yang tidak masuk dalam DPT. Namun, kesepakatan tersebut diketahui pihak Panitia Kabupaten. Sehingga, Panitia Desa Sidorejo akhirnya mengikuti arahan Dinas PMD Polman sesuai Permendagri.

Ketua Panitia pun memberikan pemahaman kepada warga yang tidak masuk dalam DPT Pilkades Sidorejo, dan hal tersebut dapat dipahami dan diterima.[*]