Beasiswa Tahun 2019, Berikut Syarat Pendaftaran Bidikmisi

Syarat Pendaftaran Bidikmisi
Logo Bidikmisi Belmawa Ristekdikti

Bidikmisi tahun 2019 membuka pendaftaran beasiswa hingga 130.000 kuota atau naik 40% dari tahun sebelumnya. Sebelum mendaftar, alangkah baiknya mengeketahui syarat pendaftaran Bidikmisi.    

Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SLTA/SMA atau sederajat yang memiliki potensi akademik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. 

Berbeda dari beasiswa yang berfokus pada pemberian penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Melalui website resmi Bidikmisi Belmawa Ristekdikti, mencantumkan beberapa syarat pendaftaran Bidikmisi sebagai berikut.

Syarat pendaftaran yang dipenuhi yaitu; siswa tingkat SMA/SMK/MA dan sederajat yang lulus ujian tahun 2019. Memiliki Nomor Induk Siswa (NISN) dan Nomor Pokok Sekolah (NPSN) yang terdaftar di Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).

Siswa yang lulus tahun 2018 bukan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi.

Batas Usia pendaftar Bidikmisi maksimal 21 tahun dan tidak mampu secara ekonomi dengan Kriteria. Mmemiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau penghasilan kotor kedua orang tua sebesar 4 juta per bulan.  

Pendidikan orang tua wali juga masuk syarat untuk mendapatkan biasiswa Bidikmisi. Pendidikan orang tua wali setingi-tingginya S1 atau Diploma empat. Syarat berikutnya adalah, siswa yang memiliki potensi akademik yang baik berdasarkan rekomendasi objektif dan akurat dari kepala sekolah.  

Syarat terakhir yang harus dipenuhi pendafrat Bidikmisi adalah, mendaftar diri pada seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN), dan Seleksi mandiri PTN.

Jadwal pendaftaran Bidikmisi sesuai dengan jalur yang telah disediakan. Untuk jalur pendaftaran sekolah mulai 31 Januari s/d 30 September 2019. Jalur pendaftaran Siswa secara mandiri mulai 01 Februari s/d 31 Oktober 2019.

Jalur Seleksi Mandiri PTN mulai 04 Februari s/d 30 September 2019. PMDK-PN mulai 04 Februari s/d 06 April 2019. Jalur SBMPTN mulai 01 Maret s/d 24 Juni 2019.

Untuk pendafararan Bidikmisi Jalur UMPN mulai 15 April s/d 31 Mei 2019. Sendangkan untuk Bidikmisi jalur seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mulai 29 April s/d 30 September 2019.[pattae.com]

Penulis: Bustamin TaTo*.

Proses pemilihan Calon kepala desa di 21 desa di Kabupaten Pasangkayu Sulawesi Barat
21 Desa di Pasangkayu Sukses Laksanakan Pilkades Serentak