Berhasil Menghafal Al Quran Juz 30, Peserta Didik RQH ikuti Penamatan

Rumah Qur’an Hafiz-Hafizah (RQH) Cabang Mamuju melakukan penamatan kepada para anak didiknya yang mengikuti program RQH level
Rumah Qur’an Hafiz-Hafizah (RQH) Cabang Mamuju melakukan penamatan kepada para anak didiknya yang mengikuti program RQH level

Rumah Qur’an Hafiz-Hafizah (RQH) Cabang Mamuju melakukan penamatan kepada para anak didiknya yang mengikuti program RQH level 1 (Juz 30) di Hotel Maleo Kota Mamuju, Sulawesi Barat, Minggu 20/10/2019.

Setelah didirikan 10 bulan lalu, Rumah Qur’an Hafiz dan Hafizah (RQH) merupakan kali pertama melaksanakan penamatan kepada 17 anak didiknya.

Dari 23 peserta didiknya yang rata-rata berumur 3 sampai 12 tahun, berhasil menghafal Juz 30 Al Qur’an.  Masing-masing yang telah berhasil mendapat penamatan, berhak melanjutkan ke level 2 yaitu menghafal Juz 29.

Rumah RQH melakukan penamatan dengan pengalungan selendang sebagai tanda lulus dari level 1. Para Hafiz dan Hafizah pun diberikan sertifikat sebagai bukti pencapaian menghafal juz 30 Al Qur’an tersebut.

Ada hal menarik pada proses penamatan tersebut, dimana para peserta didik memasangkan sepasang mahkota kepada kedua orang tua mereka. Selendang itu dijadikan sebagai tanda bakti mereka kepada kedua orang tuanya.

Pada kegiatan penamatan atau Haflah Akhirussanah itu, hadir Kapolda Sulawesi Barat yang diwakil AKBP Muhammad Iqbal serta Kanwil Kemenag Sulbar yang diwakili Kasubag Inmas H M Sahlan, M.Ap.

keduanya menyampaikan sambutan dengan rasa terharu melihat langsung para anak-anak yang baru berusia 3 – 12 tahun sudah mampu menghafal Al Qur’an. Selain Itu, ia pun mengapresiasi para tenaga Pendidik yang sabar dalam mengajar peserta didik.

Kasubbag Inmas, Kanwil Kemenag Prov. Sulbar H M Sahlan juga mengapresiasi capaian yang diraih Rumah RQH tersebut yang masih terbilang baru di Mamuju.

Lanjut H M Sahlan berhadap, dengan adanya RQH ini, dapat melahirkan Qari-Qariah yang Asli dari tanah Mandar.

Selain hal tersebut, ia juga berharap, kegiatan seperti ini dapat dipublikasikan sehingga semangat untuk orang tua dalam mendekatkan anaknya dengan Al Qur’an semakin besar.

Tidak hanya Kapolda dan Kanwil Kemenag Sulbar saja yang hadir, para orang tua peserta didik beserta keluarga pun turut hadir menyaksikan anak-anak mereka yang mengikuti penamatan Juz 30.

Rumah Tahfidz Al-Qur’an ini didirikan sekitar Bulan Januari 2019 dengan jumlah peserta didik sebanyak 27 orang dan menggunakan metode Tabarak untuk mengajar.

Tabarak sendiri merupakan metode mengajar untuk para penghafal Qur’an (Hafiz) untuk kalangan balita. Rumah RQH menjalankan program pendidikan Al Qur’an yang terdiri dari 7 leve dimana disetiap levelnya berbeda tingkatan atau Juz.[pattae.com]

Penulis: Casper*

Kopi Hitam kaya manfaat
Info Menarik Tentang Kopi dan Khasiatnya bagi Kesehatan Tubuh