Berikut 4 Keistimewaan Hari Jumat yang Perlu Diamalkan

Keistimewaan Hari Jumat
Gambar Ilustrasi

Tahu kenapa, banyak masyarakat, terutama kaum muslim khususnya di Indonesia mengistilahkan keistimewaan hari Jumat, sebagai Jumat Berlah?

Tentu hal ini tidak datang dengan sendirinya, ada sebab musababnya kenapa hari Jumat dijadikan sebagai sumber keberkahan atau istilahnya “Jumat Berkah”. Ingin tahu kenapa? Berikut rangkuman keistimewaan hari Jumat.

Dianjurkan Memperbanyak Sholawat dan Dzikir

Anjuran untuk melakukan selawat dan dzikir sebanyak-banyaknya bukan tak berdalil. Dalam hadist riwayat Baihaqi yang merupakan hadist Hasan Lighairihi dalam Sunan AL Kubro menerangkan keistimewaan hari Jumat dengan berselawat kepada Nabiyullah Muhammad SAW.

“Perbanyaklah selawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena selawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barang siapa yang banyak berselawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti.” (HR. Baihaqi dalam Sunan Al Kubro).

Memperbanyak Membaca Doa

Selain memperbanyak berselawat, membaca doa di hari Jumat juga sangat dianjurkan untuk diamalkan. Hal itu tertuang dalam hadist dari Abu Hurairah Radiaallahu Anhu, Rasulullah SAW bersabda:

 “Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba Muslim yang dia berdiri melaksanakan salat lantas dia memanjatkan suatu doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberi apa yang dia minta.” (HR Bukhari dan Muslim).

Namun, dalam hadis tersebut tidak menjelaskan secara rinci, waktu yang mustajab untuk berdoa yang dimana, berdo’a diwaktu tersebut, langsung diijabah oleh Allah SWT. Meski demikian, para ulama berpendapat tentang waktu mustajab tersebut.

Dari sekian banyak pendapat, terdapat dua pendapat yang dianggap kuat. Pendapat pertama dari Abu Burdah bin Abi Musa Al Asy’ari. Ia berkata, waktu mustajab itu adalah saat duduknya Khatib sampai Imam menunaikan shalat Jum’at.

Pendapat kedua, datang dari Abdullah bin Sallam, Abu Hurairah RA, Imam Ahmad, dan beberapa ulama besar lainnya. Para Ulama tersebut bersepakat, waktu yang mustajab membaca Doa di hari Jumat dilaksanakan setelah Ashar.  

Membaca surah Al-Kahfi

Keistimewaan hari Jumat berikutnya adalah dengan membaca surah Al- Kahfi. Keutamaan membaca surah Al-Kahfi pada malam jumat dijelaskan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan Imam al-Hakim yaitu:

“Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat maka akan ada cahaya yang menyinarinya di antara 2 Jumat.”

Hadis riwayat Imam Ad-Darimi juga menerangkan hal yang sama, dimana Rasulullah pernah bersabda:  

“Barangsiapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada malam Jumat maka akan ada cahaya yang menyinarinya diantara dia dan Al-Bait Al-Atiq (Ka’bah).”

Bersedekah

Bersedekah kepada sesama memanglah dianjurkan untuk dilakukan. Namun ada waktu yang paling dianjurkan memberikan sedekah yaitu di hari Jumat.  Sebab, di hari itulah amalan bersedekah akan dilipat gandakan dan lebih mulia dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

Ibnu Qayyim mengatakan, “Sedekah pada hari itu dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya”.

Dalam Hadits lain, dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya.” (Mauquf Shahih).

Itulah, beberapa keistimewaan amalan di hari Jumat untuk bisa kita lakukan. Silahkan diamalkan..! Kurrusumanga..!