Berikut 5 Proker Mahasiswa KKN Kolaboratif di Desa Rumpa

KKN Kolaboratif
KKN Kolaboratif

Mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) kolaboratif kepariwisataan dan ekonomi kreatif menggelar seminar Program kerja (Proker) di kantor Desa Rumpa, Kecamatan Mapilli Kabupaten Polewali Mandar, Selasa (15/8/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut kepala Desa Rumpa Rusman, Nur Isriani Najamuddin. Sekdes Rumpa. Para kepala Dusun, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemuda Karangtaruna Desa Rumpa.

Dosen pendamping lapangan Nur isriani Najamuddin menegaskan, program KKN Kolaboratif ini merupakan kerja sama masyakarat desa dan Pemda, komunitas, media massa untuk memberikan solusi inovasi terhadap permasalahan yang terjadi di desa.

“Potensi pariwisata dan ekonomi kreatif yang ada di desa rumpa ini dapat menguntungkan. Dan akan memberikan peluang ekonomi mandiri,” ungkapnya.

Sementara itu, koordinator desa Muhammad Ikram, memaparkan program usulan Kopearekraf angkatan I tahun 2023 mengusulkan program pemerintah daerah yang akan mereka jalankan selama ber KKN.

Adapun program kerja yang mereka laksanakan yaitu terkait, Kepariwisataan, Ekonomi kreatif, persoalan Stuting, Kemiskinan Ekstrim, dan penanganan anak  putus sekolah.

Dari kelima program tersebut, telah mereka ramu dalam lima bentuk perencanaan yaitu membuat spot pemancingan ikan di wilayah sungai Maloso. Dengan adanya spot pancing itu, dapat membuka tempat spot wisata yang nantinya dikelola masyarakat Desa Rumpa.

Terkait program ekonomi kreatif, KKN Kolaboratif Desa Rumpa rencananya akan mengadakan pelatihan kerajinan tangan yang berbahan dasar buah kelapa.

Untuk penanganan stunting di Desa Rumpa, peserta KKN Kolaboratif ini akan melakukan pelatihan kader.

Selanjutnya, untuk program penanggulangan kemiskinan ekstrim di Desa Rumpa, mereka rencananya akan format laporan kemiskinan yang nantinya akan merekalaporkan ke pemerintah daerah.

Program terakhir terkait anak putus sekolah, peserta KKN Kolaboratif Desa Rumpa rencananya akan melaksanakan sosialisasi dan pendataan anak putus sekolah.

Selain 5 program itu, mereka juga akan melaksanakan program tambahan seperti melakukan Bakti Sosial, dan penyelenggaraan lomba 17-an.

Mahasiswa KKN di Desa Rumpa merupakan kolaborasi dari 6 Kampus di Sulbar antaranya. IAI DDI Polewali, UNASMAN, STAIN Majene, STIEB, STIKES Biges dan ITBM.[*]

Sumber: Muhammad Ikram*