Berlangsung Meriah, Pesta Tani Tonyaman Sukses Digelar

Berlangsung Meriah, Pesta Tani Tonyaman Sukses Digelar
Berlangsung Meriah, Pesta Tani Tonyaman Sukses Digelar. Photo: Iwank pattae.com

Acara pesta tani sukses digelar pemuda Karang Taruna dan masyarakat Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sabtu 30 Maret 2019. Acara tersebut disambut antusias masyarakat Tonyaman.

Acara yang sukses digelar ini bertujuan tuk mepertahankan tali silaturahmi antar petani yang ada di Desa Tonyaman. Hal ini sesuai dengan tema yang mereka angkat yaitu “Mempertahankan Nilai-nilai Budaya Antar petani”.

Kegiatan yang dihadiri Camat Binuang, Budiaty Bestari dan Kepala Dinas Pertanian, H Ibrahim, mengundang antusias masyarakat. Mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa terlihat meramaikan acara tersebut.

Dalam sambutannya kedua pejabat pejabat tersebut sangat megapresiasi kegiatan pesta tani yang dilaksanakan oleh pemuda Karang Taruna Desa Tonyaman.

Ibrahim, mewakili Bupati Polewali Mandar, banyak menjelaskan kondisi masyarakat, khususnya petani yang ada di Kabupaten Polewali Mandar. Kepala Dinas Pertanian telah mengusulkan untuk seluruh petani mendapatkan benih secara gratis.

Sementara itu, Ibrahim menambahkan, “Masalah yang terjadi sekarang ini, petani sudah siap menanam padi tapi benih masih sementara tender dipusat”. Tambahnya.  

Nursan, Kepala Desa Tonyaman turut memberikan apresiasi lebih terhadap pemuda di desa yang ia pimpin, khususnya kepada pengurus Karang Taruna. ia berharap agar kegiatan seperti ini bisa terlaksana ditahun mendatang.

Dengan melihat antusias masyarakat Tonyaman yang penduduknya kurang lebih 7.899 jiwa dan 1.444 kepala keluarga. Nursan, mengungkap rasa bangga terhadap adanya kegiatan pesta tani tersebut.

“Saya mengharap pemuda disini bisa lebih semangat dalam berkegiatan bukan hanya di pesta tani ini”. Tutupnya.

Selain itu Andy Rifaldi, pengurus Karang Taruna berterimakasih atas partisipasi masyarakat dan juga pemerintah Desa Tonyaman. Dengan harapan kegiatan seperti ini bisa terlaksana kembali, tentunya dengan suasan yang lebih meriah dengan melibatkan banyak unsur.

“Saya berharap bisa mengumpulkan pemuda dalam melakukan kegiatan yang berguna dan sifatnya positif bagi masyarakat”. Tutupnya.

Acara pesta tani diakhiri dengan mencicipi lemang (lammang), Serta penampilan tarian “Mappadendang” dan juga persembahan Dancer anak-anak, dari Desa tersebut. (pattae.comIwank)

Rahmah Allah
Berkah Hari Ke 10 Ramadan: Tentang Fase Rahmah