Berniat Menjadi Barista? Ikuti Langkah-langkah Berikut ini

Menjadi Barista Kedai Kopi
Foto: Menjadi Barista Kedai Kopi

Menjadi Barista atau peracik kopi, kini banyak digeluti kalangan muda. Sebab, hal itu bukan hanya dapat mengetahui cara pembuatan kopi, tapi juga ilmu tentang kopi. Selain itu berprofesi sebagai Barista juga dapat mengetahui tentang bagaimana cara penyeduh kopi agar kenikmatannya dapat kita rasakan.

Pemahan soal seduh-menyeduh, seorang barista di wajibkan piawai dalam hal ini. Sebab ia mengetahui takaran kopi yang digunakan, suhu air serta kualitas biji kopi yang akan diseduhnya. Sehingga, karakter si biji kopi dapat dirasakan dalam secangkir kopi yang nikmat.

Menarik kan berprofesi sebagai Barista? Bila anda tertarik untuk menggeluti berprofesi seperti ini, perhatikan langkah-langkah yang harus ketahui sebelum mendapatkan gelar Barista profesional.

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk Menjadi barista

Langkah pertama untuk menjadi Barista adalah harus kenal dan suka dengan kopi. sebab “tak kenal maka tak sayang”. kata pepatah!

Hal ini penting dimiliki seorang Barista sebab dalam kesahariannya pasti bertemu dengan kopi, menyeduhkan kopi, serta meminum kopi buatannya sendiri.

Selain itu Barista diwajibkan memiliki sikap keingintahuan yang besar tentang kopi. Mulai dari jenis kopi, perawatan pohon kopi, serta rasa yang akan dimunculkan saat menyeduh si kopi.

Kalaupun tak bisa jatuh cinta dengan kopi, setidaknya anda suka dengan kopi!

Langkah selanjutnya adalah mencari dan membaca buku-buku atau artikel tentang kopi, seperti artikel yang anda baca sekarang ini. Setidaknya anda cukup menemukan wawasan dasar soal dunia perkopian atau pun dunia Barista.

Langkah ketiga yaitu dengan memperbanyak latihan atau belajar dengan seorang Barista yang lebih dulu bergelut di dunianya. Kalian juga bisa memanfaatkan media sosial sekarang ini, misalnya anda belajar dan praktek sendiri dengan mengandalkan video tutorial di YouTube.

Tapi anda lebih disarankan untuk mencari Barista di Coffee Shop atau kedai-kedai kopi di kotamu. Agar proses belajar dan latihan anda lebih maksimal karena di pandu langsung oleh si Barista nya.

Langkah berikutnya menjadi Barista tidak jauh beda dengan langkah sebelumnya, yaitu bergaul dengan para pecinta kopi. Naah! hal kecil ini bisa mempengaruhi dan menambah sedikit banyaknya wawasan kita tentang kopi. Lewat cerita atau sharing informasi yang anda lakukan saat berkumpul tentu menambah wawasan.

Cara untuk mendapatkan teman pecinta kopi lainnya, tentu sering-sering lah nongkrong di kedai-kedai kopi atau di coffee shop terdekat anda.

Kalian yang tinggal di desa tak perlu khawatir, sekarang ini banyak kedai-kedai kopi yang juga berdiri di desa yang menyediakan menu kopi seperti di perkotaan. Salah satunya adalah kedai kopi Ta’eee Desa Batetangngga, Polewali Mandar, kedai ini berdiri di tengah-tengah masyarakat pattae

“kopi seduhan ala coffee shop tidak hanya diperuntuhkan bagi orang-orang kota tapi harus di bagi dan dirasakan masyarakat di pedesaan” (opini penulis).

Kelas Menjadi Barista

Setelah anda yakin mulai jatuh cinta atau suka menggeluti dunia per-kopi-an saatnya anda masuk di langkah selanjutnya. Apa itu? Masuk di kelas tuk menjadi Barista. Sekarang ini sudah banyak yang  membuka kelas belajar meracik kopi, baik langsung maupun online. Jadi, silahkan dipilih jalan mana yang kamu akan lalui.

Untuk teman-teman yang tempat tinggalnya jauh, misalnya di desa dan tak punya budget untuk ke kota tuk belajar ngeracik kopi. Cukup dengan membeli paket data atau modal uang 15.000 bisa nogkrong di kedai kopi. Ngopi  sambil menikmati fasilitas internet (wifi) plus juga bisa bertanya-tanya ke Barista-nya tentang dunia kopi.

Untuk mendukung dari langkah yang sudah di tuliskan diatas, kalian bisa mengikuti acara seminar yang bertemakan tentang kopi atau melakukan kajian soal kopi.

Anda yang berniat sungguh-sungguh jangan berhenti sampai disini, silahkan cari pembahasan seperti artikel kali ini guna menambah wawasan dan membulatkan tekad anda untuk menjadi Barista handal.

Terimakasih telah mengikuti artikel kami dan semoga bermanfaat. Silahkan tulis komentar kalian di kolom komentar. Wassalam [pattae.com]

Penulis: Iwank* (Barista Kopi Ta eee)   

Bazar Amal Ramadhan 1439 H Mengetuk Hati Nurani Yang Bernuansa Seni