Bertani Tanaman Pepaya California Tingkatkan Pendapatan Ekonomi Petani

Tanaman Pepaya California
Tanaman Pepaya California Milik Ibu Mardawiah, warga Desa Kunyi Kecamatan Anreapi Polewali Mandar. Foto Illang, Jumat (27/11).

Tanaman Pepaya California yang memiliki nama latin (Carica Papaya L) diketahui berasal dari Negara Meksiko dan Nikaragua. Kini, tanaman tersebut banyak dikembangbiakkan di beberapa Negara lain termasuk Indonesia.

Banyak petani yang memutuskan budidaya tanaman Pepaya karena, selain gampang tumbuh, dengan tanah berhumus campur pasir, dan sinar matahari yang cukup. Juga karena pepaya jenis varietas California tersebut, menjanjikan keuntungan bagi petani.

Salah satu petani asal Desa Kunyi Kecamatan Anreapi Polewali Mandar Ibu Mardawiah, telah merasakan keuntungan dari hasil budidaya Tanaman pepaya California.

“Saya sudah lama menanam pohon pepaya California. Dan sudah berpengalaman kalau hanya bicara tentang pepaya California” katanya saat di temui di kebunnya yang tidak jauh dari Kantor desa Kunyi, Kamis (22/11).

Nampak terlihat ribuan pohon pepaya California, berjejer rapi di salah satu kebun miliknya yang ia garap bersama suami dan anaknya.

Dalam jangka waktu se-Bulan, Mardawiah biasanya memanen Pepaya California sebanyak tiga kali. Bahkan, ia juga terkadang memetik buah sampai dua kali dalam se-Minggu.

Omset yang didapatkan pun dari bertani tanaman Pepaya, tidak tanggung-tanggung dan cukup menjanjikan. Bayangkan, dalam seminggu, ia bisa mendapat keuntungan hingga jutaan ribu rupiah.

“Yang didapat itu, satu Minggu itu, bisa mencapai 6 juta dalam 1 Minggu” tutur Mardawiah, “Bahkan bisa lebih. Jika hasil panen-nya melimpah,” lanjutnya

Mardawiah, tak hanya bertani pepaya jenis California. Di kebunnya terdapat juga jenis tanaman. Mulai dari tanaman Buah Naga, Cabe, hingga Pisang, yang ditanam dalam satu lokasi.

Penulis: Ilham*