Berwisata di Masa Pademi, Tetap Patuhi Protkes

Berwisata
Objek Wisata Buntu Liarrar, Mamasa Sulawesi barat

Pemerintah kini telah menetapkan cuti bersama menyambut hari Natal dan tahun baru 2021. Hal tersebut, tentunya sudah lama dinanti bagi sejumlah warga yang beberapa waktu belakangan ini, sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Kini, mendapat kesempatan baik untuk berwisata bersama kerabat dekat.  

Dilainsisi, penyebaran Covid-19 masih menjadi kekhawatiran dalam menikmati hari libur tersebut. Untuk itu, pemerintah menghimbau warganya untuk tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat saat berwisata. Mengingat, masa pandemi sekarang ini belum pulih, bahkan menunjukkan adanya klaster baru Covid-19. 

Para pengelola objek wisata juga disarankan untuk memperhatikan fasilitas Protkes di area wisata untuk mengantisipasi lebih meluasnya penyebaran virus Corona di tengah masyarakat. 

Mengenai hal itu, Kepala Dinas Pariwisata Polewali Mandar H Januari, saat ditanya terkait objek wisata yang ada di Polewali Mandar, apakah akan ditutup atau tidak?

Pada momentum liburan kali ini menurutnya, tetap berjalan seperti biasa. Namum, kata dia, penyediaan fasilitas pendukung penerapan protokol kesehatan Covid-19 di area wisata, mestinya tetap tersedia. 

“Kami akan kembali menghimbau untuk tetap menerapkan protokoler kesehatan,” kata Kadis Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Polewali Mandar saat dihubungi via WA, Jumat 25/12/2020. 

Aktivitas warga diluar rumah saat libur cuti bersama, tentu tak bisa dihindari. Karena itu, pemerintah Polewali Mandar melalui dinas Pariwisata, aktif melakukan pengecekan setiap objek wisata yang ada, guna memastikan area tersebut menyediakan fasilitas pendukung penerapan protokol kesehatan.

“Untuk saat ini. Staf kami (di kantor Dispopar Polman) sementara melakukan pemantauan di tempat-tempat wisata yanga ada (di Polewali Mandar),” ungkap Januari.

Menyambut libur Natal dan tahun baru 2021, rasa aman dari pandemi, tentu menjadi pertimbangan untuk bepergian ke tempat-tempat wisata. Namun jika tak mau melewatkan hari libur tersebut hanya dirumah saja. Pemerintah tetap menghimbau untuk mematuhi protokol kesehatan, yaitu; jaga jarak aman, memakai masker, dan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.