Biji Adas yang Kaya Nutrisi dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh

Gambar Biji Adas
Gambar Biji Adas

Biji adas, sekilas mirip dengan biji padi pada umumnya. Namun biji ini kerap di manfaatkan sebagai suatu bahan rempah untuk memperkaya cita rasa masakan.

Biji adas juga banyak dijumpai di Indonesia. Khususnya masyarakat Pattae, tak jarang dari mereka menjadikannya sebagai bahan untuk memperkaya cita rasa masakannya. Sebab rasanya yang manis dan sedikit pedas.

Selain dari manfaatnya untuk masakan, ternyata biji yang sekilas mirip dengan buah padi ini memiliki banyak manfaat penting untuk kesehatan. Mau tau apa saja? Ikuti terus penjelasannya!

Mengurangi Kadar Lemak dalam Tubuh

Serat yang dikandung biji adas akan menyebabkan perut merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, biji ini juga dapat menurunkan penggumpalan lemak dan efektif dalam penyerapan nutrisi.

Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan Fenol dan Flavonoid dalam biji adas dapat melawan penyakit kanker, dan memperlambat tumbuhnya penyakit tumor dalam tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat dibiji adas berguna tuk melindungi ketahanan tubuh. Menyehatkan jaringan kulit, dan mencegah radikal bebas ke pembuluh darah.

Biji adas juga berguna untuk melindungi gangguan pada mata seperti iritasi dan peradangan mata sehingga mata anda tetap sehat.

Dapat Menekan Kadar air yang berlebihan

Dikutip dari Boldsky, biji adas adalah bahan detoks alamiah yang bermanfaat membunuh racun dan kadar air yang lebih didalam tubuh. Selain itu, rempah satu ini mampu meminimalisir kemungkinan penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih.

Mengobati Pencernaan yang bermasalah

Serat, asam amino dan histidin yang terkandung dalam biji adas bermanfaat mengobati masalah pada pencernaan seperti diare, ambeien dan sembelit.

Menjaga Tekanan Darah

Mengkonsumsi biji adas, bisa menjaga tingkat tekanan darah agar terus seimbang. Sebab, biji ini, nyata mampu menambah kandungan produksi nitrit didalam air liur. Dilain sisi, biji ini juga sebagai sumber potasium yang bermanfaat menjaga kestabilan kadar air didalam tubuh manusia.

Menekan Tekanan Darah Tinggi

Seperti yang telah kita jelaskan diatas bahwa biji adas mengandung Potasium yang juga bermanfaat tuk membantu proses pembentukan Hemoglobin. Mencegah anemia dan mengendorkan ketegangan bagi pembuluh darah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Sekarang anda cukup tahukan manfaat dari biji adas ini? Tentunya anda boleh mencari dan menanam sendiri tanaman ini. Baik untuk persedian bahan atau rempah anda di rumah dan menjadikannya biji ajaib untuk perawatan kesehatan tubuh anda. Sampai jumpa!


Penulis: Iwank*

Panorama di atas puncak Buntu Liarra, Kabupaten Mamasa
Buntu Liarra, Sekilas “Negeri di Atas Awan” Kabupaten Mamasa