Tips Memulai Bisnis Kedai Kopi dengan Modal Kecil

Memulai Bisnis Kedai Kopi
Memulai Bisnis Kedai Kopi. Photo kedai kopi Ta'ee di Desa Batetangnga

Memulai bisnis kedai kopi khususnya bagi pemula dengan modal kecil, sangat bisa dilakukan siapa saja yang ingin menekuni usaha tersebut. Berangkat dari kebutuhan masyarakat yang memiliki kebiasaan menyeduh kopi, tentu usaha menjanjikan ini, akan laku dimana saja.

Kopi merupakan minuman yang banyak digemari kalangan tua hingga kaum muda. Selain itu, kopi bisa dikreasikan dengan mencampurkan bahan-bahan yang dapat menambah cita rasa kopi anda seperti susu dan bahan pemanis lainnya. Sehingga, dapat menciptakan menu kopi yang baru di setiap kedai atau coffee shop.

Minuman kopi yang sangat populer dan menjadi minuman khas, kini membuka peluang usaha untuk membangun kedai kopi di perkotaan maupun desa yang terbilang ramai penduduknya. Namun, untuk memulai bisnis kedai kopi dengan modal kecil ini, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa itu.? Berikut ulasannya!

Berikut yang Harus Diperhatikan Saat Berbisnis Kedai Kopi

Dengan modal sedikit bukan alasan untuk tidak memulai bisnis kedai kopi yang anda inginkan. Berikut ini penulis akan memberikan beberapa hal atau tips apa saja yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis ini.

Pertama-tama tentu dengan niat yang baik untuk memulai bisnis tersebut, karena semua yang akan dikerjakan akan lebih baik jika niat orangnya sudah mantap jiwa. Selain itu pastikan anda memiliki sedikit banyaknya skill atau pengetahuan yang berhubungan dengan bisnis yang anda akan mulai.

Selanjutnya, adalah melihat target konsumen. Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan sebab, itu akan menjadi dasar anda untuk memulai bisnis kedai kopi yang diinginkan.

Untuk peralatan, anda tak perlu memaksakan untuk memiliki mesin kopi yang besar dan mahal. Cukup dengan alat seadanya atau alat manual yang masih dapat di jangkau dengan modal yang tidak terlalu besar.

Menjalankan usaha tentu perlu juga diperhatikan adalah lokasi bisnis. Untuk area strategis bisnis kedai kopi, baiknya target lokasi anda berada dekat dengan keramaian. Sehingga, dapat dilihat oleh orang banyak. Misalnya dekat dengan gedung perkantoran, kampus, dan lokasi ramai lainnya.

Bagi pemula yang tak punya modal untuk menyewa tanah atau ruko di perkotaan, jangan khawatir, anda juga bisa memulai bisnis kopi di rumah sendiri. Tidak perlu menyewa tanah atau bangunan jadi yang terbilang mahal. Anda juga bisa memanfaatkan gerobak untuk menjual kopi.

Selanjutnya adalah strategi pemasaran, hal ini sangat penting diperhatikan bagi yang membuka bisnis kedai kopi di perkotaan apalagi yang berada di desa tertentu. Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan bisnis tersebut. atau dengan menerima pesan antar (delivery order).

Terakhir, berikan pelayanan dan fasilitas yang baik untuk konsumen yang datang di kedai kopi anda, misalnya siapkan WiFi dan menu-menu kopi yang dapat menarik pembeli anda untuk datang kembali.

Jangan lupa untuk menentukan harga, cita rasa dan suasana yang disenangi konsumen anda nantinya. Dan kreasikan bisnis kedai kopi yang kalian dirikan dengan strategi tambahan yang cocok untuk pengembangan kedai kopi anda kedepannya.  

Terimakasih telah mengikuti bahasan artikel kami dan jangan berhenti untuk mencari tambahan wawasan lainnya. Karena masih banyak pengetahuan yang dapat anda ketahui untuk kesuksesan bisnis kopi yang anda akan mulai nantinya.[pattae.com]

Penulis: Iwank* (Barista Kedai Kopi Ta’ee)