BNNK Polman Gelar Workshop Tanggap Ancaman Narkoba ke Insan Media

Workshop Penguatan Kapasitas kepada insan media, dalam mendukung kota tanggap ancaman Narkoba,
Workshop Penguatan Kapasitas kepada insan media, dalam mendukung kota tanggap ancaman Narkoba,

Workshop Penguatan Kapasitas kepada insan media, dalam mendukung kota tanggap ancaman Narkoba, di Aula Hotel Al-Ikhlas Jl. Budi Utomo, Pekkabata, Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Rabu (17/11/2021).

Kegiatan tersebut diselenggarakan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dengan melibatkan tokoh pendidikan, penegak hukum, dan Aparat Pemerintah, serta tokoh agama.

Kepala BNNK Polman Syabri Syam, menerangkan, Program Baru BNN tersebut, bertujuan untuk memandirikan masyarakat dalam menghindari dan menjauhi Narkoba.

“Selain dilakukan penggerebekan dan penangkapan, proyek saat ini adalah melakukan pencegahan dini. Selain itu ada juga upaya rehabilitasi yang tidak memungut biaya” tuturnya.

Wakil Bupati Polman, Natsir Rahmat, yang hadir dalam kegiatan workshop Tanggap Ancaman Narkoba tersebut, menyampaikan terkait upaya pemerintah dalam melakukan pemberantasan Narkoba.

Menurutnya, pemerintah Polman telah berupaya melakukan pemberantasan narkoba dengan memberikan pemahaman kepada orangtua agar senantiasa menjaga anaknya.

Ikutnya insan media pada kegiatan penguatan kapasitas tangkap ancaman narkoba, Natsir berharap ikut berperan aktif dalam mensosialisasi dan memerangi narkoba.

“Semoga Workshop ini menghadirkan paradigma baru terutama dalam respon sebuah kota dan seluruh elemen di dalamnya untuk berperang melawan narkoba,” ujar Natsir Rahmat.

Selain itu, Natsir Rahmat dalam sambutannya menyebutkan, jumlah pecandu di Kabupaten Polman bertambah 30 orang setiap tahunnya. Kasus penangkapan yang dilakukan BNNK Polman dan Polres Polman telah mencapai 80 kasus setiap tahunnya.

Melalui Workshop ini Natsir berharap dapat memperkokoh kerjasama dan sinergitas yang selama ini sudah terjalin baik, meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian bersama untuk serius memerangi narkoba demi menyelamatkan generasi bangsa.

Setelah kegiatan dibuka resmi Wakil Bupati Polman, kegiatan selanjutnya pemaparan terkait Aspek Hukum P4GN (mengurai permasalahan Hukum Narkotika di Kabupaten Polman)  oleh Ketua Pengadilan Negeri Polewali Kelas II Rony Suata. Setalah itu pemaparan terkait Adiksi dan Konseling yand disampaikan Kepala Bidang Pelayanan Masyarakat Dinas Kesehatan Dr. Andi Emy Purnama.[*]