Buah Durian dengan Aroma yang Khas, Kaya Kandungan Gizi

Buah Durian, dengan aroma yang khas kaya kandungan gizi
Buah Durian, dengan aroma yang khas kaya kandungan gizi

Buah durian dikenal memiliki aroma yang sangat tidak menarik. Akan tetapi, buah ini dijuluki sebagai “Raja Buah Tropis” karena mempunyai banyak manfaat. Merupakan bagian dari 30 spesies Durio yang diakui, buah durian lah yang paling favorit di pasar Internasional.

Tanaman durian sebagian besar tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Asia Tenggara sekaligus menjadi produsen utama buah Durian. Tak hanya itu, tanaman durian juga tumbuh di Negara lain seperti Amerika Selatan dan Afrika.

Buah durian memiliki ciri pada kulitnya yang berduri, aromanya yang tajam serta ukurannya yang besar. Buah durian dapat tumbuh mencapai panjang 12 inci, diameternya mencapai 6 inci serta beratnya 2-7 pound.

Bentuk buah durian juga berbeda-beda, tergantung jenisnya, bisa berbentuk bulat atau lonjong. Dagingnya juga berbeda-beda, ada yang berwarna kuning pucat hingga merah dan kulitnya berwarna hijau hingga coklat.

Pohon durian tumbuh hingga 164 kaki dan berbuah saat umur pohon mencapai 4-5 tahun setelah penanaman. Musim durian berbeda tiap daerah. Di kampung Pattae, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat contohnya. Musim durian di wilayah tersebut, biasanya berlangsung pada bulam Januari hingga Maret, semusim dengan buah-buahan lainnya seperti Langsat dan Rambutan.

Aroma khas yang dikeluarkan buah durian saat dikonsumsi memang kuat dan invasive sehingga, dianggap memiliki aroma paling busuk di dunia. Nah, tapi tunggu dulu. Dibalik aromanya yang menyengat, bternyata menyimpan banyak kandungan gizi. Berikut penjelasannya;

Buah Durian yang masih menempel di ranting pohon durian
Buah Durian yang masih menempel di ranting pohon durian

Manfaat dan Kandungan Buah Durian bagi Kesehatan

Seperti halnya buah pisang, alpukat, dan nangka, buah durian kaya akan energi, vitamin, dan mineral. Buah ini mengandunh fitonutrien, air, protein, dan lemak yang bermanfaat.

Meskipun rendah kolesterol dan natrium, durian kaya akan serat makanan dan merupakan sumber antioksidan vitamin C yang baik untuk membantu menangkal radikal bebas berbahaya dan pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Durian juga dianggap sebagai sumber vitamin B yang sangat baik, seperti niasin, riboflavin, B5, B6, dan tiamin yang termasuk vitamin esensial, yang berfungsi mengisi kembali vitamin dalam tubuh anda melalui sumber eksternal.

Buah durian juga memiliki banyak mineral seperti mangan, tembaga, zat besi, magnesium, kalium dan asam amino esensial triptofan, yang cernah oleh tubuh dalam dua langkah kimia menjadi serotonin yang membantu dalam pengobatan marco depresi.

Manfaat buah durian juga berdampak positif bagi pencernaan, tekanan darah dan kesehatan kardiovaskular, penuaan, insomnia, disfungsi seksual, kanker, anemia dan kesehatan tulang yang berasal dari magnesium, kalium, mangan dan tembaga.

Bagi penikmat buah durian dan ingin mencicipinya dengan rasa yang khas dari Polewali Mandar. Silahkan mencari informasi kapan musim durian mulai berlangsung agar anda dapat menikmatinya.(Pattae.comAAE).

Source : marcola.com

Puncak Batu Sumandilo di Desa Kaleok, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sulawesi Barat
Dibalik Cerita Mistisnya, Puncak Batu Sumandilo Tawarkan Keindahan