Buah Langsat, Si Manis yang Kaya Manfaat

buah langsat, si manis yang kaya akan manfaat 1
Buah Langsat milik salah satu petani di Polewali Mandar, Sulawesi Barat

Siapa yang tak kenal dengan manisnya buah Langsat ? Si manis satu ini ternyata mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Mau tahu khasiatnya? Berikut ulasannya.

Tanaman ini banyak di jumpai dan menjadi buah khas di daerah Pattae, Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Langsat merupakan jenis tanaman yang tidak memerlukan perawatan khusus. hanya dengan suplay matahari yang cukup, tanaman tersebut sudah dapat menghasilkan buah.

Meski tak mendapat perawatan khusus, tanaman ini tumbuh subur dan menghasilkan buah yang rasanya sangat manis. Saking manisnya, dikenal hingga luar daerah.

Masyarakat pattae sebagai salah satu penghasil buah langsat yang terkenal hingga luar daerah, sangat menjaga kualitas hasil panennya. Mereka memiliki tradisi tersendiri yang dilaksanakan setiap memasuki masa panen. Tradisi tersebut dikenal sebagai Tradisi Mangngonggo (Baca: Tradisi Mangngonggo Masyarakat Pattae dan Musim Buah).

Secara ilmiah buah ini disebut Lancium Parasiticum yang berasal dari keluarga Mahoni yang disebut Lazones. Buah ini masih merupakan family dari buah duku yang disebut dengan Lansium Domesticum.

buah langsat, si manis yang kaya akan manfaat 2
Si manis yang kaya akan manfaat

Ciri-ciri Buah Langsat

Segar dan enak, langsat disukai karena rasanya yang khas, manis keasam-asaman. Bentuknya bundar dan biasanya agak lonjong yang menyerupai buah duku. Penampakan luar berwarna kekuning-kuningan, biasanya memiliki bintik-bintik gelap di sekelilingnya. Umumnya langsat tersusun dalam satu kelompok dan tumbuh pada suatu ranting atau anak dahan.

Bila dibuka, isi langsat berwarna bening keputih-putihan. Selain itu, langsat mengandung cairan pekat berwarna putih yang ada pada kulitnya. biasanya disebut getah. Dalam daging langsat juga terdapat biji berwarna hijau yang rasanya sangat pahit.

Di lain sisi, buah langsat menyimpan banyak kandungan yang berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Setiap 100 grmengandung 70 kalori, 0,9 zat besi, 0,9 gram fosfor, 13 gram karbohidrat, 0,7 gram mineral, 1,8 gram kalsium, 1 gram protein, dan 0,2 gram lemak.

Manfaat Buah Langsat

Berdasarkan kandungan tersebut, mengkonsumsi buah langsat sangatlah berguna bagi kesehatan. Kegunaan tersebut antara lain: menyehatkan tulang dan gigi, menurunkan demam, mengatasi kanker, menyembuhkan penyakit malaria, mengobati penyakit cacingan, dan sebagai perawatan kulit.

Selain itu, buah langsat juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan ginjal, dan membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K.

Demikianlah penjelasan singkat tentang buah langsat, si manis yang kaya manfaat. Bagi anda yang ingin menikmati rasa yang manisnya, silahkan berkunjunglah ke Kabupaten Polewali Mandar.

Tapi ingat, sebelum berkunjung carilah informasi terlebih dahulu kapan musim panen  langsat, karena tanaman langsat berbuah hanya sekali dalam setahun.

Penulis : Nurlina