Budak Cinta? Berikut 3 Histori Perbucinan Sejak Jaman Dahulu

Cinta dan masa lalu Via buruan.co | by Uduh karya Ackay Deni (2019)
Cinta dan masa lalu Via buruan.co | by Uduh karya Ackay Deni (2019)

Pernah gak sih ngajak teman kalian jalan, terus bilang “Sebentar yaaaa, saya minta izin cewekku dulu”. Kemudian tiba-tiba kalian berbicara dalam hati “dasar budak cinta” atau di kesempatan lain kalian menemukan teman yang katanya ingin menyimpan duitnya untuk membeli hadiah untuk kekasihnya. Hahaha asli gak sih itu kelakuan budak cinta.? Hmmm

Walaupun kata bucin baru trend sekarang ini, ternyata budak cinta sudah ada sejak dahulu lhoo guys! Meskipun ada yang bukan realita siih!  namun cerita kebucinan sudah ada bahkan di zaman romawi.

Berikut ini beberapa kisah yang ada kaitannya dengan istilah bucin yang lagi populer ditelinga kita saat melihat orang pacaran. Diantaranya, kisah Cleopatra dan Mark Anthony, Jack Dawson dan Rose Dewitt Bukater (Titanic) dan Prince Edward dan Wallis Simpson.

  • Jack Dawson dan Rose Dewitt Bukaker

Kisah ini menceritakan cerita percintaan yang ikut tenggelam dengan kapal legendaris (titanic). Kisah cinta mereka sama legendarisnya dari kapal pesiar mewah tersebut. Diketahui Jack Dawson merupakan pecinta seni yang hidupnya kurang ekonomi (miskin).

Diceritakan, seniman itu berhasil memenangkan lotere dan berhasil naik kapal titanic  sebagai penumpang klas tiga. Berbeda dengan Rose Dewitt Bukater yang merupakan tunangan dari salah seorang pengusaha kaya dan menjadi penumpang klas satu di kapal itu.

Keduanya-pun ditakdirkan berjumpa diatas kapal pesiar tersebut dan mereka saling memiliki rasa suka antara Jack dan Rose. Namun takdir berkata lain, kapal titanic dalam pelayaran pertamanya tenggelam di samudra atlantik utara dari Southampton menuju New York City.

Namun dari kejadian tersebut, banyak kisah yang menarik yang diadegankan di film tersebut, salah satunya adalah saat mereka berada dipermukaan air laut dan menemukan sebuah papan, lalu Jack mengiginkan Rose berada diatas papan tersebut sementara dirinya terendam air laut yang sangat dingin.

Padahal menurut skenario penonton yaaa guys!, harusnya siih, Jack bisa naik diatas papan yang sama atau mencari benda lain untuk ia tempati terapung sehingga tidak membuat dirinya meninggal karena kedinginan.

Walaupun cerita tersebut fiksi, ternyata ada kecurigaan tokoh nyata yang menginspirasi cerita Jack Dawson dan Rose Dewitt Bukaker. Meskipun cerita aslinya, dari dua tokoh tersebut tidak saling berhubungan.

  • Kisah Cleopatra dan Mark Anthony

Mendengar sebutan Cleopatra bisa jadi kepikiran Julius Caesar. Namun sesungguhnya, cerita cinta Cleopatra dan  Mark Anthony justru lebih greget sekaligus ngenes. Cleopatra yang juga sebagai ratu mesir sangat dicintai Anthony, sehingga dapat merubah manset dan gerakan politik romawi.

Octavian merupakan sekutu Anthony dibuat marah karena kebucinannya kepada Cleopatra sehingga ia lupa mengurus persoalan negara. Hal tersebut akhirnya mengundang perang antara Octavian dan pasukan Anthony bersama Cleopatra. Bahkan keduanya menjadi tawanan Octavian.

Lanjut kisahnya, Anthony yang mendengar kabar sang kekasihnya meninggal dunia. Akhirnya ia juga membuat keputusan senonoh dengan melakukan aksi bunuh diri dengan menusuk dirinya sendiri. Sedangkan cleopatra sendiri membiar dirinya dipatok ular berbisa karena mendengar kabar kekasihnya meninggal.

  • Prince Edward dan Wallis Simpson

Kisah cinta kedua tokoh ini mungkin gak asing lagi di telinga kalian, Prince Edward merupakan pewaris utama setelah ayahya King George V meninggal. Namun kecintaannya terhadap kekasihnya membuat Edward mundur dari kerajaan karena Wllis Simpson (kekasih Edward) tidak dapat diterima di kerajaan.

Sebabnya, Wallis Simpson merupaka seorang wanita yang membawa gelar janda sosialita, juga pada saat bersamaan ia belum sepenuhnya pisah dari bekas suaminya. Prince Edward-pun memilih untuk mundur dan memberikan kepercayaan kepada adiknya untuk memegang kerajaan tersebut.

Dari beberapa cerita cinta diatas (love story), memberikan gambaran tentang cinta yang besar juga menuntut pegorbanan yang besar pula. Bahkan orang tersebut dapat mengerjakan suatu pilihan yang tidak masuk akal karena cinta. Hadeew dasar budak cinta hehehe

So! Kerap orang susah membedakan antara budak cinta (bucin) dan cinta yang tulus. Ada yang bisa membedakan? Silahkan tulis pendapat kalian, terimakasih!

Foto: Tradisi Mimalaq Matamba Bulung Etnis Pattae yang Masih Terjaga Hingga Kini