Budiaty Bestari Hadiri Pesta Tani Tonyaman, Ini Harapannya

Budiaty Bestari Hadiri Pesta Tani Tonyaman, Ini Harapannya
Budiaty Bestari Hadiri Pesta Tani Tonyaman, Ini Harapannya. Photo: Iwank

Camat Binuang Budiaty Bestari, hadiri pesta tani yang diselenggarakan di Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar, Sabtu (30/03/2019). Pada acara tersebut, Ia sampaikan sambutan dan harapannya didepan para pemuda karang Taruna Inspirasi Desa Tonyaman. 

Sudah 5 tahun menjabat sebagai Camat Binuang, Budiaty Bestari mengaku, baru pertama kali hadir diacara pesta tani yang dilaksanakan di Desa Tonyaman tersebut.

Awal sambutannya, ia sangat mengapresiasi pengurus Karang Taruna yang menurutnya berhasil mengadakan acara pesta tani di Desa Tonyaman meski, sektor pertanian di desa tersebut sangat kecil.

Ditengah sambutannya. ia juga, berharap Kepala Dinas Pertanian agar nantinya dapat menyalurkan bantuan kepada petani yang ada di Desa Tonyaman.

“Berharap ada perbaikan irigasi yang memungkin aliran air lebih baik. Sehingga, para petani dapat menghasilkan padi yang lebih baik dari sebelumnya”. Harapnya.

Camat Binuang itu dalam sambutannya juga menanggapi soal gerakan organisasi kepemudaan. Ia menilai Sejak 2 tahun belakangan ini, gerakan pemuda Karang Taruna se-Kecamatan Binuang mengalami kemunduran.

“Saya melihat karang taruna yang ada di desa-desa itu seperti mati suri”. Tuturnya. Namun, berbeda dengan pemuda karang taruna di Desa Tonyaman.

Selain itu, Budiaty Bestari, memberikan semangat kepada para pemuda Karang Taruna, untuk tidak patah semangat dalam berkegiatan. (disambut dengan tepuk tangan yang meriah).

Diakhir sambutannya, Camat Binuang menegaskan kepada seluruh masyarakat agar tidak hanya majukan Desa Tonyaman disektor pertanian dan perikanan. Tapi, harus juga perhatikan kebersihan lingkungan desa.

Hal tersebut ditekankan agar Penyakit DBD tak lagi melanda Kecamatan Binuang. hingga masyarakat bisa hidup dengan nyaman dan tenang.

Ibrahim selaku Kepala Dinas Pertanian Polewali Mandar juga menyampaikan sambutannya saat menghadiri kegitan pesta tani (30/3) malam tadi.

Dalam sambutannya, ia mengatakan, Luas lahan pertanian di Desa Tonyaman capai kurang lebih 14 hektar saja. Sedangkan, tambahnya, luas lahan pertanian se-Kabupaten Polewali Mandar mencapai 18.000 hektar.

Data tersebut dipertegas kembali saat di wawancarai kontributor pattae.com disela-sela acara pesta tani Desa Tonyaman. Ia mengatakan, 18.000 Ha lahan pertanian se-Polewali Mandar, terdiri dari lahan irigasi, tadah hujan dan irigasi setengah teknis.

 “Luas lahan keseluruhan di Polman. Itu kurang lebih 18.000 hektar termasuk 12.000 hektar lahan irigasi teknis, selebihnya tadah hujan dan irigasi stengah teknis”. Jelasnya.

Sementara itu, Ia menambahkan, “Termasuk Desa Tonyaman ini masuk daerah tadah hujan”. Tutupnya. (pattae.com-Iwank)