BUMDes Assamaturusangnge Lakukan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Desa Ugi Baru

BUMDes Assamaturusangnge
Ketua BUMDes Assamaturusangnge Ilham Tadang menerima fasilitas pengelolaan sampah dari Plt Kepala Desa Ugi Baru Khaeril Anwar di halaman Kantor Desa Kamis (17/6)

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Assamaturusangnge Desa Ugi Baru Kecamatan Mapilli, Polewali Mandar sosialisasikan program pengelolaan sampah di kantor Desa Ugi Baru Kecamatan Mapilli, Kamis (17/6/2021).

Kegiatan sosialisasi  pelaksanaan kegiatan BUMDes dan penyerahan fasilitas pengelolaan sampah Desa Ugi Baru Tahun Anggaran 2021. Diharapkan dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga Desa Ugi Baru dengan menggali potensi ekonomi Desa.  

“BUMDes hadir menciptakan lapangan kerja, mengembangkan potensi-potensi yang ada di desa. Menggerakkan produk perekonomian yang ada di Desa Ugi Baru nantinya,” ungkap Ketua BUMDes Assamaturusangnge Desa Ugi Baru Ilham Tadang saat memberikan sambutan, Kamis (17/6).

Ilham menerangkan, kemajuan suatu BUMDes, ditopang 4 komponen. Pertama, harus ada Sumber Daya Manusia (SDM). Kedua, mental dalam bekerja. Ketiga, adanya mitra kerja baik dengan masyarakat maupun di luar daerah atau Instansi lainnya. Keempat,  adanya dukungan dari Pemerintah Desa dan Masyarakat setempat.

Lebih lanjut Ilham mengatakan, BUMDes yang ia pimpin. Khususnya dalam usaha pengelolaan sampah, siap bekerja dan menjalani amanah. Ia juga berharap pemerintah Desa bisa mempertahankan sarana bantuan sampah yang telah disediakan.

Plt Kepala Desa Ugi Baru Khaeril Anwar mengapresiasi ketua BUMDes yang rela melepas jabatannya sebagai sekretaris BPD Ugi Baru demi membangun BUMDes Ugi Baru.

Anwar sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa, mengaku sejak awal telah berkeinginan, bagaimana Desa Ugi Baru ada pengelolaan sampah.  Karena itu, ia meminta dukungan masyarakat Ugi Baru dan kepala dusun di Desa Ugi Baru untuk mendukung program BUMDes tersebut.

“Awalnya sebagai pejabat kepala desa Ugi Baru adalah adanya pengelolaan sampah di Ugi Baru,” katanya.

Tak hanya mendapat dukungan dari pemerintah desa. BUMDes Assamaturusangnge juga mendapat apresiasi dari Tenaga Ahli Pemberdayaan Desa, Rosnani.

Menurut Ros, Ugi Baru merupakan satu-satunya Desa yang berinisiatif meningkatkan dan mensosialisasikan regulasi terbaru terkait Permendes BUMDes Ugi Baru di Kecamatan Mapilli.

Kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan kegiatan Bumdes dirangkaikan dengan penyerahan aset Desa ke Pengelola BUMDes berupa 1 unit motor 3 roda, tempat sampah 500 unit dan Bin Konvektor 4 unit. Diserahkan langsung Plt Kepala Desa Ugi Baru kepada Ketua BUMDes Assamaturusangnge.

Pada kegiatan itu, hadir pula Kabid PMD Kabupaten Polman, Tenaga Ahli Pemberdayaan Desa Kabupaten. Pendamping Kecamatan Mapilli, serta Ketua BPD Desa Ugi Baru dan Bhabinsa.