Bupati Polman Lepas 177 Aparat Pemerintah Laksanakan Program Gedor Tahap I

Bupati Polman gelar Gedoor Bersih Covid-19
Bupati Polman gelar Gedoor Bersih Covid-19

Bupati Polewali Mandar (Polman) Andi Ibrahim Masdar, membuka program Gedor bersih Covid-19 tahap pertama di dua kecamatan. Pembukaan dan pelepasan personil yang siap menjalankan tugas di lapangan tersebut dilaksanakan di halaman kantor Bupati Polewali Mandar, Selasa (02/06/2020).

Sebanyak 177 aparat Pemkab Polman yang terdiri dari 120 tenaga kesehatan yang berasal dari seluruh Puskesmas yang ada di Polewali Mandar. Selain itu, terdapat 17 tenaga penyuluh KB, 20 penyuluh agama dan 20 orang survilinace.

Dari 177 orang yang ditugaskan kemudian dibagi menjadi 20 tim yang siap bertugas di Kecamatan Tinambung dan Kecamatan Limboro. Dengan spesifikasi jumlah 19 Desa dan 1 Kelurahan.

Setiap tim yang bertugas didampingi para kepala OPD yang ada di Kabupaten Polman. Program pintu ke pintu tersebut dilaksanakan dengan perhitungan durasi maksimal 20 menit untuk setiap rumah.

Melalui program Gedoor bersih Covid-19, Bupati Polman dalam sambutannya, berharap adanya partisipasi dari masyarakat dengan melaporkan kondisi yang sebenarnya kepada petugas yang turun ke lapangan.

Ia juga mengharap dapat memberikan dampak yang nyata bagi masyarakat, mengingat jumlah penderita Covid-19 yang terus bertambah.

Sementara itu pemerintah juga berharap kedepannya dapat memiliki data tentang rekam dan kondisi kesehatan seluruh masyarakat Kabupaten Polewali Mandar. Sehingga, pemerintah kedepannya dapat dimudahkan dalam mengambil kebijakan yang strategis.

Menurut informasinya, program tersebut menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daera (APBD) yang sebelumnya telah melalui proses refocusing anggaran oleh kementrian keuangan. Kemudian akan dilaporkan setelah proses administrasi telah diselesaikan.

Hambatan terkait pelaporan keuangan juga dijelaskan yang terdapat pada kondisi lapangan yang sulit diprediksi dan kebijakan dari pemerintah pusat yang berubah-ubah sehingga sulit bagi Pemda dalam mengambil kebijakan.[Rilis PemKap]*