Calon Anggota KPPS Desa Kunyi Didominasi Personil Baru

49 calon anggota KPPS Desa kunyi sedang mengantri untuk di wawancarai
49 calon anggota KPPS Desa kunyi sedang mengantri untuk di wawancarai

Calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara atau KPPS Desa Kunyi, Polewali Mandar. Di dominasi personil baru pada seleksi anggota KPPS sebagai penyelenggaraan Pemilu 17 April 2019 nantinya.

Para calon personil baru KPPS ini, mengikuti Tes wawancara yang dilakukan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Tes wawancara tersebut, diselenggarakan di kantor Desa Kunyi, Minggu 24 maret 2019.

Setelah dinyatakan lulus berkas, Jumlah pesarta yang mengikuti tes selanjutnya yaitu wawancara, sebanyak 49 orang. Nantinya,  peserta yang lulus dari wawancara, berhak mengikuti bimtek KPPS untuk ditempatkan di 7 TPS yang tersebar di Desa Kunyi.

Pendaftaran calon anggota KPPS pada pemilu kali ini (2019), di dominasi peserta yang belum memiliki pengalaman dalam penyelenggaraan pemilu. Sehingga, banyak dari mereka menjadikan hal tersebut sebagai motivasi tuk mencari pengalaman baru.

Seperti yang di ungkapkan Rahmayanti, salah satu calon aggota KPPS, “Jadi motivasi saya ingin ikut menjadi anggota KPPS, yaitu saya ingin mencari pengalaman tentang kepemiluan” Ungkapnya, “Terkhusus, bagaimana teknik, serta tahapan dalam menyelenggarakan kepemiluan”. Lanjutnya

Tes wawancara dilaksanakan secara serentak yang telah di tetapkan oleh KPU mulai 23 s/d 25 Maret 2019. Namun, pihak PPS kunyi mempercepat pelaksanaan seleksi tersebut, yaitu pada 24 maret 2019. Hal ini disebabkan karena momentum hari libur.

“Kita memilih hari minggu karna hari libur. Kantor desa juga tidak terpakai jadi kita manfaatkan hari ini”. Ujar Ilmu Barakselaku ketua PPS Desa Kunyi.

Peserta yang datang, melakukan registrasi sebagai peserta tes wawancara. Setelah itu, para peserta mengantri untuk menunggu panggilan, untuk di wawancarai oleh tiga Questioner dari PPS Desa Kunyi.

Tugas dan wewenang serta kewajiban sebagai anggota KPPS, diatur dalam peraturan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Penyelenggara Pamilihan Umum.(pattae.com-Echi)*

Keseruan Friendly Match Tim Bolavoli Desa Kunyi dan Desa Mammi