Camat Binuang: Kaleok Ibarat Berlian Dalam Lumpur

Kaleok ibarat Berlian dalam lumpur ungkap Camat Binuang Budiaty Bestari,
Terlihat Camat Binuang Budiaty Bestari (tengah) berfoto bersama perangkat desa pada acara serah terima jabatan kepala desa, Rabu 09/1/2019.

PaTTaE.com | “Kaleok ibarat Berlian dalam lumpur” ungkap Camat Binuang Budiaty Bestari, saat mengghadiri acara serah terimah jabatan kepala Desa Kaleok yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa, Rabu 09 Januari 2019.

Pengandaian itu ia ungkap dengan melihat Desa Kaleok yang dianggap terpelosok. Menyimpan banyak potensi yang dapat dikembangkan sebagai potensi unggulan, baik skala Desa, Daerah, hingga Nasional.

“Banyak Potensi yang bisa dikembangkan di Kaleok, seperti Potensi Wisata Air terjun, Kopi Kaleok, dan suling Bambu”. Ungkapnya.

Dari sekian banyak potensi alam yang terdapat di Kaleok, Camat Binuang menekankan, tuk tetap mengembangkan potensi tersebut, terutama Kopi Kaleok.

“Saya minta untuk tetap mengembangkan Kopi Kaleok yang sudah menjadi Icon Desa Kaleok”. Tegasnya.

Baca Juga: Kopi Kaleok, Potensi Unggulan Daerah Polewali Mandar

Selan itu, Suling Bambu yang juga menjadi ciri khas seni tradisional Desa kaleok, Camat Binuang juga menyarankan, agar kepala desa yang Baru dapat memberikan porsi anggaran untuk Suling Bambu.

“tetap membina Suling Bambu dan memberikan porsi anggaran untuk suling bambu. Kaleok, ibarat Berlian dalam Lumpur”. Lanjut Camat Binuang, Budiaty Bestari.

Desas Kaleok terkenal dengan beragam potensi alam yang terbentang luas, seperti destinasi alam yang belum terjamah dengan baik.

Berikut ini, ada beberapa destinasi alam desa kaleok yang anda harus tahu, dan mantap jiwa tuk dikunjungi.

Potensi wisata air terjun terdapat banyak di beberapa wilayah di Desa Kaleok seperti. Air Terjun Tai Baiq dan Salu Buttu di Dusun Marende, Air Terjun Toralia dan Air terjun Kadinginan di Dusun kaleok.

Baca Juga: Destinasi Alam Gua Wai Labu Dusun Tandipura Desa Kaleok

Selain destinasi alam dan Kopi, Kaleok juga memiliki potensi hasil Bumi lainnya seperti Kemiri, dan Kakao, sebagai pendapatan Warga Kaleok.

Dalam Acara serah terima jabatan kemarin (09/1), Camat Binuang juga menuturkan, kepada Kepala Desa Kaleok yang baru, agar tetap menjalankan program Kades Kaleok yang lama.

Budiaty Bestari juga menyampaiakan, untuk Kades Kaleok yang baru. Segerah mungkin menyusun RPJMDes, RKPDes dan APBDes Untuk Tahun 2019 tuk melaksanakan Tugas dengan Baik.

Kontributor: Amri*

Komentar