Camat Binuang Kunjungi Warganya di Desa Kaleok yang Menderita Penyakit

Camat Binuang bersama pihak Puskesmas Binuang berkunjung ke Desa Kaleok tuk memastikan kondisi warganya yang terkena penyakit
Camat Binuang bersama pihak Puskesmas Binuang berkunjung ke Desa Kaleok tuk memastikan kondisi warganya yang terkena penyakit

PaTTaE.com-Kaleok | Camat Binuang bersama pihak Puskesmas berkunjung ke Dusun Tandipura, Desa Kaleok, Polewali Mandar, Senin 27 Januari 2020. Kunjungan tersebut bertujuan tuk memastikan warganya mendapat pelayanan kesehatan.

Sebab itu, Camat Binuang Andi Idrus, dan Kepala Puskemas Binuang Nurhayati, mengunjungi Jasri (16) warga desa Kaleok yang sedang menderita sakit. Diketahui, Jasri sebelumnya sempat ditandu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Ia ditandu karena mengingat akses jalan menuju Puskesmas mengalami kerusakan.

Dalam kunjungan tersebut, Camat Binuang menyarankan warga Kaleok tersebut untuk dibawa ke rumah sakit secepatnya. Hal itu ia ungkapkan mengingat kondisi Jasri yang semakin terpuruk akibat sakit yang di deritanya.

“Ini harus dibawa ke rumah sakit secepatnya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih.” ujar Andi Idrus camat Binuang.

Kondisi Jasri (16) warga desa Kaleok saat di kunjungi Camat dan pihak Puseksmas Binuang, Senin (27/01).

Sebelumnya, Jasri juga pernah dirawat di Puskesmas Binuang bulan September 2019 lalu. Setelah agak membaik, Jasri diperbolehkan dokter pulang dengan syarat untuk tetap menjalani kontrol.

“Jasri ini pernah dirawat di Puskesmas, Namun setelah membaik pasien ini sudah diijinkan pulang dengan syarat harus kontrol lagi.” Tutur Kepala Puskesmas Binuang

Dari saran yang disampaikan Camat dan pihak Puskesmas Binuang, orang tua Jasri (Sina) menyetujui agar anaknya segera mendapatkan pelayanan kesehatan. Namun kendalanya, akses jalan menuju kerumahnya belum bisa dilalui kendaraan. Dengan cara ditandu pun sudah tak bisa dilakukan mengingat kondisi kesehatan Jasri tak bisa terlalu bayak bergerak.

Kendala lain yang didapat, selain tak ada kendaraan yang bisa membawa-nya ke Rumah Sakit. Orang tua Jasri juga mengeluhkan soal biaya hidup nantinya selama di Rumah Sakit.

“Saya mau sekali kalau anakku dibawa ke rumah sakit, tapi kalau kami sampai dirumah sakit siapa yang jaga. Karena ada adek-nya Jasri yang kecil dan kami juga terkendala biaya hidup selama disana.” tutur Dina ibunda Jasri.

Jenis penyakit yang diderita Jasri, belum di tahu pasti karena belum mendapatkan pemeriksaan yang memadai. “Kita belum bisa pastikan bahwa penyakitnya seperti apa. Karena kita harus cek terlebih dahulu seperti apa penyakitnya.” ujar Dokter Ulfi kepada wartawan, Senin (27/01).[Amri]*

Puisi Pattae oleh Salwa Saharuddin | Mesa Rara Mesa Tubu
Puisi : Mesa Rara Mesa Tubu