Camat Binuang Membuka Pelatihan PSDM Kluster Kecamatan Anreapi-Binuang

PSDM
PSDM Kluster Kecamatan Binuang dan Anreapi

Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia atau PSDM Kegiatan ini dilaksanakan di wisata Alam Rawah Bangun Batetangnga pada 08 s/d 09 Juli 2019, dibuka langsung Camat Binuang, Budiaty Bestari.

Pelatihan tersebut, dilakukan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Binuang bekerjasama dengan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Anreapi. Pada kegiatan itu, dihadiri peserta dari Kader Pembangunan Masyarakat (KPM) Desa, Kepala Desa se-Kecamatan Binuang dan Anreapi.

Selain itu tenaga ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Pelaksana Inovasi Desa Kabupaten (TA P3MD/PID), Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, Pendamping Desa (PD) Pendamping Lokal Desa (PLD).

Dalam Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM), Fasilitator dalam hal ini dari TA P3MD/PID, OPD, TIK, dan Praktisi Kesehatan. Kemudian materi yang diberikan kepada Peserta yaitu Stunting dan Kegiatan Konvergensi Pencegahan Stunting, Peran Desa dalam kegiatan Konvergensi pencegahan stunting di desa.

Pengorganisasian pelaku pencegahan stunting di desa, pengenalan tikar pertumbuhan dan pemantauan layanan konvergensi pencegahan stunting, penyusunan rencana kader desa, simulasi pemantauan dan penggunaan scorecards konvergensi pencegahan stunting di desa, serta simulasi kegiatan konvergensi stunting desa.

Salahsatu materi yang sangat penting adalah tentang pencegahan stunting, karena mengingat Sulawesi Barat berada diurutan Kedua se Indonesia.

Tujuan dari materi tersebut agar peserta pelatihan mampu mengimplementasikan materi-materi kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan stunting di desa masing-masing. Juga meningkatkan kapasitas pengembangan sumber daya manusia (PSDM) yang baru kali ini dilaksanakan.

“Kita berharap bahwa TPID yang dibentuk di dua Kecamatan ini maksimal dalam bekerja, sebenarnya kalau kita melihat rata-rata ini desa punya SDM yang tinggal dipoles cuman saya pressing disini peranan kepala desa sangat berarti.” Tegas Camat Binuang.

“Inovasi-inovasi yang ada di kita, karena begini yang saya dengar kemarininovasi ini paling tidak harus ada dianggarkan di desa.” Lanjut Budiaty Bestari selaku Camat Binuang. (pattae.comOmbe*)

Sekolah se-Kecamatan Binuang ikut lomba Gerak Jalan indah yang dilaksanakan di Desa Batetangnga Kecamatan Binuang
Sejumlah Sekolah se-Kecamatan Binuang Ikut Lomba Gerak Jalan Indah