Cegah Covid-19, Pemda Polman ”Gedoor” Rumah Warga di Wonomulyo

Cegah Covid-19, pemda polman canangkan program Gedoor Bersih
Cegah Covid-19, pemda polman canangkan program Gedoor Bersih

Pemerintah Polewali Mandar (Polman) berupaya cegah penyebaran Covid-19 melalui program Gedoor Bersih atau Gerakan Door to door ke rumah-rumah warga. Saat ini pemerintah Polman beserta para tim yang terdiri dari Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) bergerak ke daerah Wonomulyo.

Gerakan pencegahan dari rumah ke rumah yang dicanangkan Pemda tersebut, telah berlangsung sejak dua hari yang lalu (02/6). Gedoor Bersih pertama menyasar daerah yang warganya banyak terkonfirmasi positif virus corona.

Saat ini, kegiatan pen-cegah-an Covid-19 Gedoor Bersih berlangsung di Kecamatan Wonomulyo. Di awali dengan Apel pelepasan dan pembekalan di Halaman Kantor Camat Wonomulyo, Kamis 04/6/2020.

Setelah itu, para OPD yang hadir membagi lokasi pelaksanaan kegiatan Gedoor Bersih. Sekertaris daerah Polman yang ikut dalam kegiatan tersebut mengawali Gedoor ke desa Bakka-bakka. Sedangkan Wakil Bupati Polman bergerak ke desa Nepo, Kecamatan Wonomulyo.

Program Gedoor bersih yang gerakkan pemerintah daerah masih terdapat banyak kendala, termasuk kurangnya sosialisasi ke masyarakat, sehingga banyak warga menghindar saat dikunjungi. Mengatasi hal tersebut, pihak Pemda dalam waktu dekat akan mengadakan evaluasi seperti apa kedepannya.

“Kita liat aja waktunya besok seperti apa, karena kita (Pemerintah) mau besok mengevaluasi seperti apa kegiatan-kegiatan sebelumnya termasuk tadi, pertama kita datang na hindariki, lari dari rumahnya”. Ungkap Andi Masri Masdar Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Polewali Mandar.

Fenitri Wahyuni(39) warga Desa Campurjo, Wonomulyo mengatakan, awalnya ketakutan saat tim Gedoor Bersih Covid-19 berkunjung ke desa-nya. Namun setelah diberikan pemahaman, akhirnya mengerti dan mendukung kegiatan tersebut.

“Dimasyarakat memang ada perasaan takut, tapi setelah dikumpulkan, dikasi sosialisasi yah.., ternyata bagus juga, akhirnya tidak ada rasa takut lagi”. Tututrnya

Selain itu lanjutnya, dengan adanya program Gedoor Bersih Pemerintah Daerah itu, ia merasa di perhatikan pemerintah. Khususnya dalam penanganan kesehatan dan pencegahan Covid-19 dengan turun langsung ke masyarakat.

“Pertama ya.. Bersyukur, ini sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap kita khususnya masyarakat. Dengan adanya sosialisasi Gedoor ini, tentunya masyarakat lebih paham dan tahu tentang bagaimana cara penanganan atau pun pencegahan Covid-19 itu sendiri”. Tambahnya

Gerakan door to door Pemda Polman dijadwalkan berlangsung ke semua daerah di Kabupaten Polewali Mandar. Hal ini merupakan upaya Pemda Polman dalam pengendalian penyebaran virus Corona di Polewali Mandar dan tes kesehatan lainnya.[pattae.com]

Kontributor: Sulfa*