Cek Harga Durian Kanang Dari Jalan Poros Hingga ke Area Wisata

Terlihat Pedangan dan pelanggan sedang tawar menawar harga durian yang ada di Jalan Poros Polman-Pinrang
Terlihat Pedangan dan pelanggan sedang tawar menawar harga durian yang ada di Jalan Poros Polman-Pinrang

Harga Durian | Baunya yang begitu kuat dan pemandangan yang indah dari buah durian berjejeran dengan aneka ukuran yang berbeda. Hal itu terlihat saat melintas di jalan poros Polewali-Pinrang tepatnya di Pekkabata Kanang hingga jalan menuju lokasi wisata di Desa Batetangnga Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat.

Pada penghujung tahun kali ini, menjadi moment para penggemar durian yang sedang dalam perjalanan pulang kampung atau berlibur akhir tahun.

Harga yang dipasang pedagang durian di pinggir jalan pun bervariasi, tergantung ukuran. Harga durian yang di pasang pedagang di jalan poros Pinrang-Polman. Per buah dengan ukuran kecil seharga Rp15.000, ukuran sedang Rp 20.000 per buah, dan ukuran besar Rp 25.000-Rp 30000 per buahnya.

Harga yang dipasang pun sesuai dengan hari libur misalnya Senin-Jumat harga normal, sedangkan Sabtu-Minggu, harga yang di pasang sedikit berbeda dari harga biasanya.

Pedagang mengaku harga durian pada hari libur naik disebabkan karena harga dari hulu (petani durian) memasang harga tinggi. Banyaknya pengunjung yang lewat menuju permandian wisata alam yang ada di Desa Batetangnga seperti Rawa Bangun, Salu Pajaan, Kali Biru, dan Limbong Lopi juga menjadi alasan.

Desi (23) pedagang durian mengaku sebagian durian yang dijual berasal dari Tondok (Kaleok) dan sebagian dari Kanang, adapun durian yang berasal dari Tondok per harinya mencapai 100 per buah. Sedangkan durian yang berasal dari Kanang sebanyak 30-40 per buah.

Foto: Berjejeran Pedangan durian di area wisata alam desa Batetangnga

Asril (28) dari Bone yang sedang menuju ke Majene, menyempatkan diri singgah di jalan poros Pekkabata Kanang. Ia mengaku sudah kedua kalinya menikmati Durian khas Batetangnga. Menurutnya, durian khas Batetangnga rasanya sangat enak dan mengenyangkan, dan harga durian-nya juga terjangkau.

“(Rasanya) campur aduk, karena enak durian-nya toh? Ini sudah dua kalinya berkunjung. Pertama harganya 10.000 ribu, sekarang jadi 15.000 ribu” tuturnya sambil menikmati durian, Minggu 29/12/2019.

Harga durian di jalan poros Pekkbata Kanang berbeda di area wisata. Harga yang dipasang pedagang di jalan poros Pinrang-Polman lebih tinggi ketimbang di area wisata Desa Batetangnga.

Menurut salah satu pedagang di area wisata, Hj. Rahmawati (50), harga durian yang ia jual, untuk ukuran kecil seharga Rp.6000, sedangkan ukuran besar Rp 14.000 per buah. Durian yang dijualnya merupakan hasil kebunnya sendiri dan dari petani lain.

Selain buah durian, para pedagang baik ada di jalan poros Polewali-Pinrang, maupun yang ada di sepanjang jalan menuju wisata alam Desa Batetangnga. Juga menjual berbagai jenis buah lainnya seperti Langsat, dan Rambutan, serta berbagai jajanan khas lainnya.[pattae.com]

Penulis/Kontributor: Sulfa*

MA Izzatul Maarif Tappina Jadi Tuan Rumah MGMP