Curang Saat Menimbang Gabah, Pedangang di Polman Diamankan Tim Satgas Pangan

Curang Saat Menimbang Gabah
Foto Aktivitas pengawasan proses transaksi jual beli gabah

Polres Polman yang bergabung dalam Tim Satgas Pangan mengamankan salah satu Pedagang (tengkulak) yang diduga melakukan tindak kecurangan saat melakukan penimbangan gabah milik salah satu petani di Desa Bumi Mulyo kecamatan Wonomulyo kabupaten Polewali Mandar, Minggu malam (14/3/2021).

Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono saat dikonfirmasi membenarkan adanya pengamanan salah satu tengkulak berinisial H. Ia (tengkulak) diduga melakukan permainan saat menimbang gabah. Sehingga didapat selisih 5 Kg dari hasil timbangan normal.

Didampingi Kasat Reskrim Polres Polman AKP Syaiful Isnaeni, Kapolres Polman menyampaikan saat ini, pelaku kini diamankan dengan barang bukti 1 unit mobil truck berisi gabah.

“Kita amankan truk gabah beserta timbangannya yang di duga tidak sesuai. Sementara kami dalami dulu. Kemudian, langkah berikutnya kami akan berkoordinasi dengan Dinas Perindag,” ucap AKP Syaiful Isnaeni.

Meski demikian, pelaku kecurangan hanya diberi sanksi pembinaan. Pasalnya Petani pemilik gabah tidak merasa keberatan. Sehingga, pihak Polres akan berkordinasi dengan Dinas Perindagkop yang membidangi Pengawasan Perdagangan dan Kemetrologian.

Sementara itu, Ketua Perpadi Polman Hamzah Syamsuddin mendukung sepenuhnya pengamanan yang dilakukan Polres Polman.

Kata Hamzah, tengkulak yang sering memainkan timbangan dan menggunakan timbangan yang belum ditera, membuat para petani sangat rugi.

Karena itu, menurutnya, pelaku kecurangan atas timbangan tersebut, bukan hanya sanksi Pembinaan yang diberikan tapi, lebih dari itu. Sehingga, lanjutnya, ada efek jera untuk pembeli gabah yang nakal dalam penimbangan.