Dandim 1402/Polman Kembali Tegaskan Netralitas TNI

Netralitas TNI
Komandan Kodim 1402/Polman Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan mengingatkan prajurit untuk menjaga netralitas TNI

Komandan Kodim 1402/Polman Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan mengingatkan, prajurit untuk menjaga netralitas TNI

Penekanan tersebut disampaikan Dandim saat memberikan jam komandan kepada seluruh prajurit dan ASN TNI di Baruga Mammesa Kodim 1402/Polman. Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Kamis (26/10/2023).

Dijelaskan Dandim, Netralitas TNI merupakan amanah dalam pelaksanaan reformasi internal TNI sesuai Undang-undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

“Prajurit aktif netral dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis,” Tegasnya.

Netralitas TNI adalah mutlak, untuk itu sikap netralitas TNI harus benar-benar dipahami dan diimplementasikan dalam kehidupan prajurit. Terutama bagi Babinsa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di wilayah.

Selaku aparat teritorial, Babinsa harus mewaspadai setiap perkembangan situasi di wilayahnya, laksanakan temu cepat dan lapor cepat apabila menemukan kejadian yang berindikasi menghambat ataupun mengganggu jalannya proses pemilu dan pemilukada.

Lulusan Akmil 2003 itu juga kembali mengingatkan terkait hati-hati dalam bermedia sosial (Medsos). Letkol Sabar Panjaitan meminta prajurit dan ASN TNI bijak dalam bermedia sosial.

Dalam bersosial media kata Dandim. Anggota TNI tak boleh memberikan komentar, penilaian dan mendiskusikan terkait identitas salah satu partai politik dan kontestan pemilukada dan pemilu.

“Tak bosan-bosan saya mengingatkan kepada seluruh anggota Kodim 1402/Polman Baik prajurit maupun ASN TNI. Agar tetap berhati-hati dan bijak terhadap penggunaan media sosial, Ingat dalam bersosial media jarimu adalah nasibmu,” tandasnya. [zik]