Daun Kadundung Selain Penyedap Kuliner, Juga Miliki Khasiat Bagi Kesehatan

Daun Kedondong
Daun Kedondong

Buah manggis buah kedondong, biar tambah manis, kenalan dong.! Begitulah buah kedondong dipakai dalam pantun. Namun, dalam artikel ini, kita akan bahas daun kedondong yang memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh kita.  

Daun kedondong atau dalam masyarakat pattae di kenal dengan sebutan kadundung. Mereka kerap menjadikan daun kedondong sebagai penambah cita rasa pada masakan khas daerah pattae. Salah satunya nasu kadundung yang menjadi kuliner favorit masayarakat Pattae.

Kedondong sangat familiar bukan hanya dalam masyarakat pattae. Namun juga masyarakat seantero nusantara menegenal daun yang satu ini. Kedondong memiliki pohon yang buahnya bulat telur, rasanya masam-masam manis, dan bijinya keras berserabut.  

Sedangkan bentuk daun kedondong agak sedikit panjang dan melengkung kebagian luar daun. Daunnya berwarna hijau dengan aroma yang menggugah. Pohon daun kedondong banyak ditemukan di wilayah Indonesia dengan bentuk pohon yang agak besar dan kecil.

Selain memperkaya cita rasa makanan, daun kedondong juga bisa dijadikan obat herbal. Sebab, daun ini banyak manfaat bagi tubuh. Mau tau apa saja itu, berikut ulasannya

Khasiat Daun Kedondong

Ternyata daun yang satu ini Kerap digunakan sebagai obat herbal dalam mencegah berbagai macam penyakit. Sebab daun tersebut mengandung energi sebesar 59 kg kalori, 3,5 gram protein, 13,4 gram karbo hidrat, 0,3 gram lemak. Selain itu juga mengandung 540 mg kalsium, 80 mg fospor, dan mengandung 6 mg zat besi.

Banyak nya kandungan yang dimiliki daun tersebut, tidak diragukan lagi akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Nah, apa saja manfaatnya bagi kesehatan? Berikut ulasnnya

Menurunkan kolestrol. Khasiat daun kedondong ampuh untuk menurunkan kolestrol pada tubuh anda.

Dapat menyehatkan usus. Daun kedondong juga bisa anda jadikan sebagai daun herbal untuk membuat organ usus anda lebih sehat.

Baik untuk lambung. Tidak hanya bermanfaat untuk usus, namun juga berguna untuk menyehatkan lambung anda. Olehnya itu, daun ini sangat baik untuk dikomsumsi.

Mengatasi gangguan kesehatan mata. Hal ini tak boleh anda lewatkan, sebab daun yang satu ini akan melindungi mata anda dari penyakit mata seperti, mata rabun dan katarak.

Obat diare. Khasiat yang terakhir adalah menyehatkan pencernaan anda termasuk penyakit diare. Kandungan di dalam daun ini akan meredakan diare dengan lebih cepat dan alami.

Begitulah khasiat daun kedondong yang kami bisa rangkum untuk anda semua. Dengan adanya informasi ini, semoga bermanfaat bagi anda dalam menjaga kesehatan tubuh. Kurru sumanga..!

Penulis: Amran

Mahasiswa KKN/UNM, Menampilkan Makanan Khas SulSel di Pagelaran Seni Budaya Lokal Mandar