Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Busana yang Menarik

Busana Adat daerah yang dipakai siswa SMP 1 Wonomulo Polewali Mandar berbahan dasar plastik dan karung bekas pada momentum perigatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019.

Berlagak bak model papan atas. Para siswa menunjukkan busana hasil daur ulang Sampah Anorganik mereka, dihadapan tamu undangan pada momentum hari Peduli Sampah Nasional, Kamis 21/02/2019.

Hari Peduli Sampah Nasional ini dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Polewali Mandar, dengan melakukan upacara peringatan di kawasan Pantai Bahari Polewali Mandar (21/20).

Bentuk kegiatan yang diselenggarakan DLHK Polewali Mandar tersebut berupa, “Fashion show” dari sekolah adiwiyata, “Gerakan Aksi Bersih”, serta kampanye “Ayo Menabung Smapah” .

Dalam laporan kegiatan peringatan HPSN, Kepala Dinas LHK mengatakan penampilan Fashion Show dengan bahan sampah anorganik, serta yel-yel peduli sampah. Merupakan buah karya dari sekolah adiwiyata yang ada di Polewali Mandar.

Sejumlah peserta terdiri dari anak-anak sekolah dasar memanfaatkan sampah Plastik, Karung, dan Koran Bekas sebagai pakain Fashion mereka.

Selain itu, ada juga yang mengenakan pakaian adat daerah Polewali Mandar, yang terbuat dari hasil daur ulang sampah plastik, dan Karung. Pada hari peduli sampah, 21 Februari 2019 tersebut.

Anak-anak itu merupakan utusan dari tiap sekolah Adiwiyata (sekolah yang menjalankan program nasional kementrian lingkungan hidup). Mulai tingkat SD, sampai tingkat SMP.

daur ulang sampah anorganik
Para siswa melakukan pertunjukan busana hasil dari daur ulang sampah plastik.

Hikmah, selaku Kabid. Penataan, dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hindup dan Kehutanan mengatakan, penampilan Fashion Show merupakan peserta didik dari beberapa sekolah, menampilkan busana hasil daur ulang.

“itu tadi, ada dari SD 066 Pekkabata, salah satu sekolah yang akan dipersiapkan menjadi Adiwiyata Mandiri. Ada juga dari SMP 1 Wonomulyo, dan SMP 1 Polewali yang dipersiapkan menuju Adiwiyata Nasional” Tuturnya

Hari Peduli Sampah Nasional 2019 di Polewali Mandar, bertema: “Kelolah Sampah untuk Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai” diperingati dengan bentuk upacara, dan memungut sampah.

Selain itu, pemerintah daerah melalui Dinas LKH Polewali Mandar, juga melakukan kampaye “Ayo Menabung Sampah”. Kegiatan ini dimulai pada pukul 07:30 WiTa, dan berakhir pukul 11:00 WiTa. (Pattae.comTaTo)