Desa Duampanua Jadi Sampel Digitalisasi Membangun Desa oleh HMTI Unasman

Seminar Digitalisasi Membangun Desa oleh HMTI Unasman di Aula Kantor Desa Duampanua
Seminar Digitalisasi Membangun Desa oleh HMTI Unasman di Aula Kantor Desa Duampanua

Pattae.com – POLMAN | Seminar digitalisasi membangun desa merupakan program kerja prioritas Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika (HMTI) Unasman sebagai bentuk pengabdian masyarakat.

Seminar digitalisasi membangun desa HMTI Unasman yang di laksanakan di Aula Kantor Desa Duampanua, Kecamatan Anreapi, Polewali Mandar, Selasa (25/8).

Kegiatan yang dilakukan HMTI Unasman itu menjadikan Duampanua sebagai desa percontohan pada penerapan pelayan berbasis digital.

Pihak HMTI Unasman bekerjasama dengan pemerintah desa Duampanua dalam mejalankan program pelayanan publik bebasis digital yang tengah dirancang mahasiswa komputer dan informatika Unasman tersebut.

Bentuk program yang dirangacang nantinya berbentuk website yang akan menyajikan informasi dan sistem pelayanan administrasi desa berbasis digital.

“Tujuannya pembuatan website dalam desa kemudian penyesuaian digitalisasi antar sistem manual ke digitalisasi. Desa itu nanti digitalisasikan terutama pada bidang administrasi.Ujar Burhanuddin senior di HTMI Unasman.

“Jadi sistemnya akan serba digital”. Lanjutnya mengatakan, “pengurusan persuratan desa misalkan kita akan upayakan masyarakat akan akses sendiri dengan melalui tanda tangan digital pak desa,” Tambahnya.

Kegiatan yang bertemakan “mengabdi dan berkarya” itu di lakukan di Desa Duampanua sebagai Desa binaan serta sebagai sampel untuk wilayah Sulawesi Barat untuk program dari HTMI Unasman.

Lebih lanjut ia menegaskan, “Desa ini (Duampanua) akan menjadi sampel untuk wilayah Sulawesi Barat,” Tegas Burhanuddin.

Ayyub sekertaris Desa Duampanua mengapresiasi program tersebut yang di anggap sejalan dengan visi misi Desa. Menurutnya dengan adanya program tersebut informasi desa lebih terbuka dengan mudah diakses masyarakat desa.

“Bagus setelah tadi dipaparkan oleh pemateri, sesuai dengan visi misi Desa sebagai keterbukaan informasi dan akses lancar,” Pungakasnya.

Lanjutnya, Jika di setujui PemerintahDesa Duampanua program tersebut akan dilakukan masa uji coba selama setahun dan nantinya untuk mengetahui efektif atau tidak program tersebut.

“Nantinya juga kita akan survei satu tahun kedepan bagaimana bagaimana perkembangannya nanti”, Lanjutnya.

Tutupnya Ayyub berharap kerjasama juga dibangun pihak HMTI Unasman dengan Pemerintah Desa Duampanua bisa berjalan dengan baik dan program yang diusulkan bisa terus berlanjut.[*]