Desa Karya Kabupaten Pasangkayu Melaksanakan Pemilihan Antar Waktu

Pemilihan Antar Waktu
Pemilihan Antar Waktu Desa Karya Pasangkayu, Sulawesi Barat

Pasangkayu – pemilihan antar waktu (PAW)  desa karya bersama dilaksanakan di gedung PKK desa karya bersama, Kamis 19/09/2019

Pemilihan antar waktu disingkat PAW adalah pemilihan kepala desa dimana pemilihnya terdiri dari perwakilan setiap dusun. Hal ini berbeda dengan pemilihan langsung semua masyarakat berhak memilih sesuai peraturan yang ada.

Dikabupaten Pasangkayu sendiri ada 5 desa yang menyelenggarakan Pemilihan Antar waktu serentak salah satunya Desa Karya Bersama.

Adanya pemilihan PAW ini merupakan kebijakan untuk menggantikan kepala desa yang sebelumnya menjabat karena tersandung kasus penyelewengan dana desa. Selain itu, ada juga kepala desa yang mengundurkan diri saat mencalonkan pada pemilihan legislatif 17 April 2019 lalu. 

Proses Pencalonan PAW

Setelah melalui proses pendaftaran, tes wawancara dan tes tertulis yang dilaksanakan di dinas PMD Kabupaten Pasangkayu, akhirnya menetapkan 3 bakal calon dan 2 dinyatakan gugur. 

Adapun 3 calon tersebut, untuk nomor urut 1 (satu) Nuryadin Nurdin. S.Sos. Kedua, Suparman. SE, dan nomor urut tiga, Muhsin.

Pemilih mulai mendatangi gedung PPK desa karya bersama untuk registrasi di panitia 5 karena pemilih hanya perwakilan setiap dusun. Pemilihan berlangsung mulai pukul 08.00 WiTa pagi.

Pemilih yang terdaftar untuk menentukan hak pilihannya sekaligus mewakili dusun nya sebanyak 79 orang dari 6 dusun. Sedangkan yang hadir sebanyak 77 orang.

Adapun pemilih yang terdaftar sebagai pemilih adalah perwakilan setiap dusun dan semua berasal dari para tokoh agama, unsur pendidik,  nelayan,  pemuda, perempuan, buruh dan pengrajin.

Dalam pelaksanaan PAW, hadir pula dari unsur pemerintah kabupaten, bupati Pasangkayu,  Staf Ahli,  sekretaris PMD,  Kapolres Mamuju utara dan pemerintah kecamatan Pasangkayu. 

Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa dalam sambutannya menjelaskan mengharap kepala desa yang terpilih nantinya dapat mendorong usaha-usaha yang ada di desa dan peningkatan sumber daya manusia dan mengharap pemilihan ini berjalan dengan damai dan lancar.

Desa harus sangat bersyukur karena adanya anggaran dana desa yang besar yang dianggarkan oleh pemerintah pusat dan daerah bahkan kami dengar anggaran 2020 nantinya dana desa akan naik lagi sebesar 35%. Tutur Bupati Pasangkayu.

Sedangkan pemerintah kecamatan Hasbi juga menyampaikan harapannya, ini adalah kompetisi yang jelas ada kalah ada menang jadi kita tetap terima Apapun keputusan akhir dan tetap jalin silaturahmi demi kemajuan desa kita. 

Kapolres Mamuju utara menurunkan personilnya untuk ikut mengamankan pesta demokrasi pemilihan antar waktu dibantu oleh TNI dan Satpol PP.

Pemilihan Antar Waktu Desa Karya

Sebelum pelaksanaan pemilihan dimulai, semua calon memaparkan visi dan misinya didepan para pemilih yang hadir untuk 2 tahun kedepan.

Setelah pemaparan visi dan misi kepala desa, Panitia 5 kemudian menjelaskan kepada pemilih tata cara pencoblosan di didepan para pemilih. 

Setelah perhitungan suara yang dibacakan oleh panitia 5 dan yang terpilih dari nomor urut 1 yaitu Nuryadin Nurdin S. Sos dengan perolehan suara 41 sedangkan nomor urut 2 mendapatkan suara 2 dan nomor urut 3 mendapatkan suara 34.

Sebelum para pemilih dan unsur lainnya membubarkan diri, pihak panitia 5 membacakan berita acara sebagai terlaksananya pemilihan Antar Waktu desa karya bersama dan menetapkan kepala desa yang terpilih. [pattae.com]

Penulis: Ridwan*