Dianggap Tidak Update, Komisi IV DPRD Hearing Data Kesejahteraan Sosial Polman

RDP terkait Data Kesejahteraan Sosial
Komisi IV DPRD Polman gelar hearing terkait Data Kesejahteraan Sosial di Polewali Mandar, Kamis (1/4).

Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Polewali Mandar. Menggelar Hearing atau RDP (Rapat Dengar Pendapat) membahas terkait Perbaikan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial di Kabupaten Polewali Mandar, Kamis (1/4/2021).

Kegitan yang dilaksanakan di ruang Aspirasi kantor DPRD tersebut, hadir Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Sosial Sosial Hj. Syamsiah, ketua Karang Taruna Kabupaten Polman, Koordinator PKH dan beberapa Operator Desa.  

Dipimpin langsung ketua Komisi IV DPRD Polman Agus Pranoto didampingi Wakil Ketua I DPRD Amiruddin, Wakil Ketua II DPRD Hamzah Syamsuddin, dan anggota Komisi IV  DPRD lainnya.

Pengolahan data masyarakat Kabupaten Polewali Mandar 6 tahun terakhir belum ada perbaikan data menyangkut warga kurang mampu secara ekonomi. Untuk itu kegiatan Hearing kali ini Menurut Agus,  sangat penting dilaksanakan dalam rangka perbaikan data.

Tidak adanya perbaikan data tersebut, lanjut Agus, berdampak pada masyarakat kurang mampu sehingga tidak mendapatkan bantuan sosial. Sebaliknya, banyak yang mampu justru masuk dalam daftar penerima bantuan disebabkan tidak adanya perbaikan data.

Ia juga menyinggung terkait angka Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang disiapkan Pemerintah Daerah (Polman) tidak berkurang sama sekali, bahkan stagnan. Kata Agus, hal itu disebabkan karena tidak adanya verifikasi data.

Terkait hal tersebut, Plt Dinas Sosial Polman Hj. Syamsiah mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kinerja Komisi IV dalam fungsi pengawasan.

Lebih lanjut Syamsiah menyampaikan, dalam waktu dekat pihaknya akan bersurat ke kecamatan untuk ditembuskan ke desa-desa untuk memulai pendataan. Dalam pendataan nantinya, Pihak Dinsos meminta menghadirkan kepala dusun dan Karang Taruna sebagai saksi pendataan.

Banyaknya pihak terkait yang seharusnya hadir dalam RDP tersebut justru tidak hadir. Untuk itu Komisi IV DPRD  akan menjadwal ulang kegiatan Hearing Data Kesejahteraan Sosial dengan mengundang kembali stakeholder yang tidak sempat hadir dalam RDP.

“Insya Allah kita akan laksanakan di hari Kamis atau hari Jumat, minggu depan nanti kita adakan rapat ulang. Seperti itu,” tutur Agus Pranoto, Kamis (1/4).